News

Tak Sejalan Dengan Pancasila, SKT HTI Sulsel Tidak Diperpanjang Lagi

Tak Sejalan Dengan Pancasila, SKT HTI Sulsel Tidak Diperpanjang Lagi

Kabar Makassar-- Disebut sebut sebagai organisasi yang menantang Pancasila, ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akan dibubarkan karena banyaknya kritikan dari masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol), Asmanto Basi Lewa mengatakan bahwa HTI telah mendapat izin dan mempunyai badan hukum dari Kementerian Hukum.

Sehingga keberadaan HTI di Sulsel sejak tahun 2013 lalu, Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari HTI tidak lagi mendapatkan perpanjangan dari Kesbangpol Sulsel.

"Yang disebut sebut selama ini untuk HTI, sejauh ini untuk Sulsel tidak ada. Kan HTI itu mempunyai badan hukum dan sejauh ini dalam pantauan kita memang aktivitas yang mereka buat tidak ada hal hal yang memang meresahkan di kita dan masyarakat karena kita mampu membangun komunikasi dengan baik," kata Asmanto. Senin 17 Juli 2017.

Ia melanjutkan, bahwa fakta yang terjadi di lapangan mengenai HTI memang terdapat hal yang bertentangan dengan aturan tentang ormas tahun 2013 namun hal itu menjadi evaluasi kota oleh pemerintah kepada berbagai organisasi yang dianggap ada pelanggaran.

Sedangkan untuk peraturan perundang undangan yang dianggap pro kontra bagi sebagaian organisasi yang menganggap hal itu sebagai pembatasan bagi mereka, Asmanto memberikan ruang bagi mereka untuk melakukan komunikasi.

"Saya kira kehadiran perppu ini tentu ada pro kontra bagi sebagian organisasi ya kita persilahkan saja kalau memang ada yang ingin mempertanyakan perpu itu bahkan sampe ke tingkat sosial review akan kita persilahkan. Saya kira negara kita negara hukum prosesnya pasti kita dukung dan kita hargai," tukasnya.

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close