Tahapan Pilkada Sulsel dan Mengerucutnya Pasangan Calon Gubernur

Sosialisasi Pendaftaran Pilgub 2018 [Foto: Imran Alrief]
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar — Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel yang bakal digelar pada Pilkada serentak pada 27 Juni 2017. Pilkada Sulsel masuk dalam 171 daerah yang menggelar pilkada serentak di sebagian wilayah Indonesia.

Kandidat bakal calon Gubernur dan bakal calon wakil Gubernur Sulsel pun sudah mulai mengerucut. Dimana pasangan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Mudzakkar sudah mengantongi partai Demokrat sebagai usungan di Pilgub 2018 mendatang. Sementara Nurdin Halid dan Azis Kahar Mudzakkar mantap untuk maju dengan kendaraan partai Golkar. Dan pasangan Nurdin Abdullah dan Sudirman Sulaiman juga telah siap maju dengan beberapa partai pengusung termasuk partai penguasa PDI Perjuangan.

Hal ini membuat ketiga pasangan ini digadang-gadang bakal mengikuti tahapan Pilgub 2018, dimana KPU Sulsel pada tanggal 12 Februari 2018 sudah menetapkan pasangan calon dan masa kampanye masuk pada 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

Sementara Pengadaan dan distribusi surat suara, dilaksanakan 17 Maret sampai 26 Juni 2018. Kemudian untuk pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan dari 27 Juni sampai 3 Juli 2018.

Namun sebelumnya ditetapak pasangan calon, KPu Sulsel terlebih dahulu membutuhkan Formulir model B2.KWK Parpol, dimulai pada 28-30 Desember 2017 dan diserahkan ke KPU dalam tempo tiga hari.

Surat peryataan kesepakatan antara parpol atau gabungan parpol dengan pasangan Cagub dan Cawagub, diverifikasi dan diteliti KPU selama lima hari terhitung 31 Desember hingga 5 Januari 2017. Dan mesti ditandatangani ketua Umum DPP.

KPU mengatakan jika tidak ada kesepakatan antara Parpol pengusung Cagub dan Cawagub maka DPP mengmabil alih pencalonan, dan 6-7 Januari 2018 ditetapkan keabsahannya di KPU.

Untuk diketahui sebelumnya sejumlah bakal calon Gubernur dan Bakal Calon Gubernur yang bakal maju dikabarkan mundur dengan sendirinya dengan berbagai alasan termasuk tak memiliki parpol pengusung, diantaranya Agus Arifin Nu Mang, Rivai Raas, dan Tanri Bali Lamo.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.