News

Swasta Harus Peran Aktif Mencegah Narkoba

Swasta Harus Peran Aktif Mencegah Narkoba

Kabar Makassar --- Pihak swasta diharapkan berperan aktif dalam masalah penanggulangan dan pencegahan narkoba. Terutama dalam mendukung program pemerintah dalam usaha-usaha menangkal bahaya narkoba.

Direktur Alternatif BNN Coki Manurung mengatakan, permasalahan penyalahgunaan narkoba sudah menjadi masalah semua bangsa-bangsa di dunia. Sehingga, kita semua dituntut untuk dapat mengurangi prevalensi dengan program rehabilitasi. Strategi mengurangi prevalensi narkoba dilakukan dengan terintegrasi, komprehensif, dan seimbang untuk mengatasi persediaan dan permintaan penyalahguna narkoba.

"Instansi swasta diharapkan dapat mengembangkan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan kerja masing-masing, sekaligus bersinergi dengan instansi terkait seperti Kemkes, BNN, Polri, Kemsos, serta membuat program tes urine secara berkala,” imbuh Coki.

Kepala BNN Kota Jakarta Selatan Amrita Devi, menambahkan mindset masyarakat harus berubah terkait para pencandu atau penyalahguna supaya tidak ditangkap tapi harus diobati untuk menyelamatkan mereka.

”Pendekatan bagi penyalahguna narkoba dilakukan melalui metode rehabilitasi untuk mengobati para pencandu yang terlanjur menjadi penyalahguna narkoba. Oleh karenanya peranan instansi swasta juga diperlukan untuk mensukseskan gerakan rehabilitasi bagi 100.000 pecandu/penyalahguna melalui lembaga rehabilitasi yang berkualitas,” tukasnya.

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close