Sulsel Ekspor Merica ke Lima Negara

Komiditas Merica
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar– Permintaan pasar merica untuk ekspor tahun ini meningkat 1.431 persen dari tahun lalu. Tahun ini Sulawesi Selatan menyuplai merica ke lima negara.

Ini berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, yang mencatat bahwa ekspor pada komoditas ini sebesar 16,72 ton yang disuplai untuk Vietnam.

Ketua Gabungan Asosiasi Pertani Perkebunan Indonesia (Gapperindo), Sulaiman H Andi Loe loe mengatakan bahwa produktivitas merica memenang terus meningkat beberapa tahun terakhir.

Sulsel mampu menghasilkan kulitas merica yang bagus, sehingga permintaan pasar cukup meningkat.

“Kita punya merica cukup bagus. Mulai dari aroma hingga tingkat kepedasannya yang membuat merica kita banyak diminati,” ujarnya.

Selain itu, merica Sulsel juga tumbuh pada iklimyang pas, seperti di Luwu Timur.

Kepala Bidang Perdagangan Sulsel, Dewa Nyoman Mahendra, mengatakan merica mengalami pertumbuhan yang signifikan beberapa tahun terakhir.

Tahun ini ekspor merica mencapai 256,03 ton per Januari- September. Negara Ekspor punn juga bertambah, sudah ada lima negara yang disuplai. Selain Vietnam, Sulsel juga menyuplai ke Jerman, Taiwan , Malaysia, dan India.

“Tahun lalu ekspor Sulsel hanya di Vietnam. Tahun ini, Sulsel mengirim ke India 13,72 ton, Jerman 44,00 ton, Malaysia 20,28 ton, Taiwan 16,03 ton, dan Vietnam sendiri 162,00 ton,” pungkasnya.(Rls)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.