Sulsel Diprediksi Aman Dari Badai Siklon Tropis Dahlia

KabarMakassar — Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar Hanafi Hamzah menyebutkan jika Sulawesi diprediksi aman dari Siklon Tropis Dahlia.

Hal ini dikarenakan, Siklon Tropis Dahlia yang akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang maupun potensi kilat atau petir terbentuk jauh dari wilayah Sulawesi Selatan.

“Pantauan hari ini, Siklon Tropis cempaka sudah luluh, mati dan tidak terdeteksi lagi tetapi sebagai gantinya terbentuk siklon tropis Dahlia. Dampak Dahlia terhadap daerah Sulawesi Selatan tidak signifikan karena jauh dari wilayah Sulsel,” Kata Hanafi Hamzah, Kamis 30 November 2017.

Baca juga :   Hujan Deras, Gelombang Perairan Makassar Setinggi 2,5 Meter

Meski relatif aman, diharapkan semua pihak tetap berhati-hati dan waspada mengingat kondisi bisa berubah rubah.

Sebelumnya, bibit siklon tropis di barat daya Bengkulu meningkat menjadi siklon tropis dengan nama siklon tropis Dahlia. Badai Dahlia berada pada posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah selatan Bengkulu) dengan pergerakan ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga :   Polisi Tutup Tambang Ilegal di Desa Botto, Sidrap

Adapun dampak yang ditimbulkan yakni, Hujan sedang hingga lebat di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian selatan. Angin kencang > 20 knots (36 km/jam) di pesisir barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

Gelombang laut dengan ketinggian 2.5-4.0 meter di Perairan Kepulauan Nias, Perairan Kep. Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kep. Mentawai. Gelombang laut dengan tinggi 4.0-6.0 meter di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia selatan Banten.(*/sng)

Baca juga :   Gedung Pusat Kajian Kejaksaan Unhas Siap di Gunakan

Penulis Baba Duppa