Sulsel akan Pertahankan Gelar Duta Genre Nasional

Sulsel akan Pertahankan Gelar Duta Genre Nasional

Sulsel akan Pertahankan Gelar Duta Genre Nasional

Kabar Makassar -- Utusan Duta Generasi Berencana (Genre) Sulawesi Selatan, Kamis (26/10) malam ini akan mempertahankan gelar yang diraihnya tahun 2016 sebagai Duta Genre Nasional. Tahun kemarin, Auzan Haq, mahasiswa Fakultas Hukum Unhas dan Rahayu Usman, mahasiswa Fakultas Peternakan Unhas merebut gelar pemilihan duta itu yang dilaksanakan terpisah di Malang dan pemilihan Genre di Bogor.

Pengumuman pemenang duta tersebut dilaksanakan pada malam terakhir kegiatan Pemilihan Duta Genre 2017 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, dua jam perjalanan berkendaraan mobil dari Kota Padang.

Kedua pasang Duta Genre Sulsel akan bertarung mempertahankan gelar itu, Andi Muhammad Farhan dan Andi Azizah Maulida Budiarman (Jalur Pendidikan) dan Abdul Gaffar Yusuf dan Andi Tenri Bali Baso (Jalur Masyarakat).

Andi Muhammad Farhan, 17, siswa kelas XII SMA Negeri 3 Wajo dan tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Euphorbia Mili. Sementara Andi Azizah Maulida Budirman, siswa kelas III SMA Negeri di Watansoppeng.

Abdul Gaffar Yusuf merupakan anggota PIK Bina Daya Malili, Luwu Timur dan Andi Tenri Bali Baso anggota PIK Remaja La Tadampare Kabupaten Wajo.
Selasa (24/10) malam, rangkaian acara pemilihan tersebut dibuka di Gedung Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang yang dihadiri Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapati, MPH, Ph.D dan Wakil Gubernur Sumatera Barat H.Nasrul Abit. Sebanyak 878 peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan ini berkumpul di Kota Padang Panjang.

Pada malam itu, seluruh Duta Genre Provinsi se-Indonesia melaksanakan parade sesuai pakaian adat masing-masing diiringi orchestra ISI Padang Panjang. Sulawesi Selatan tampil dengan pakaian adat Bugis-Makassar. Andi Muhammad Farhan dan Andi Azizah Maulida (jalur masyarakat) tampil dengan pakaian sarung merah dengan baju warna hitam. Sementara Abdul Gaffar Yusuf dan Andi Tenri Bali Baso mengenakan baju biru toska dengan sarung sutera kotak-kotak biru merah. Duta yang pria utusan Sulsel ini mengenakan topi khas Bugis Makassar.

Selain pemilihan duta genre, rangkaian acara diisi dengan jambo ajang kreatif, pemberian materi tentang Keluarga Berencana, pentas seni, serta presentasi dan bakti genre sebagai ajang penilaian bagi para peserta.

[Laporan: M.Dahlan Abubakar dari Padang Panjang]

 

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: