Stadion Barombong Gagal Rampung, Ini Kata Kadispora Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat meninjau lokasi pembangunan gedung Stadion barombong di Makassar. Foto : KabarMakassar.com

KabarMakassar.com — Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga atau Kadispora Sulsel Sri Endang Sukaersih langsung turun ke areal lokasi ambruknya bangunan yang terdapat di tribune selatan gedung Stadion Barombong Makassar, Minggu 3 Desember 2017.

“Sudah saya perintahkan untuk segera dibersihkan dan diperbaiki, dengan tetap memperhatikan arahan konsultan pengawas dan tim teknis,” ujar Kadispora Sri Endang saat dihubungi redaksi KabarMakassar.com hari ini.

Pejabat Pemprov Sulsel ini menjelaskan insiden ini hanya terjadi satu segmen yang ada di tribune selatan gedung yang ambruk akibat tiang gedung yang tidak mampu menahan material pengecoran.

Baca juga :   ​Ini Nama ASN Yang Diduga Terlibat Politik Praktis

“Saya sudah lihat di lapangan yang terjadi. Ambruknya hanya satu segmen atau panjang 8 meter. Memang mempengaruhi segmen di sebelahnya,” ucap pemilik akun facebook Deng Kebo ini.

Diketahui, awal pembangunan Stadion Barombong menerima kucuran dana dari APBN sebesar Rp14,5 miliar. Anggaran tersebut dialokasikan untuk pengerjaan lapangan. Setahun berselang, tepatnya 2012, pemerintah pusat kembali menggelontorkan anggaran Rp10,5 miliar untuk penimbunan, lintasan, dan penanaman rumput serta fondasi.

Baca juga :   18 Pemain Persiba Siap Hadapi PSM Makassar di Mattoangin

Pada 2013, giliran Pemprov Sulsel yang mengucurkan dana Rp3 miliar dari APBD. Pengalokasiannya untuk desain dan aksesoris lapangan di Stadion Barombong itu. Tahun 2014 kembali mendapat bantuan APBD sekitar Rp20 miliar dan tambahan lagi dari APBN Rp17 miliar untuk mengerjakan tribun bagian timur dengan 17 segmen.

Setelah itu, Pemprov Sulsel kembali mengucurkan Rp20 miliar pada Tahun 2015. Dan ini dipakai uuntu kelanjutan pembangunan tribun bagian timur dan sebagian tribun bagian utara serta melanjutkan tiang pancang.

Baca juga :   Minus Empat Hari, 1.400 Pedagang Tolak Relokasi

Memasuki tahun 2016 dana APBD Sulsel digelontorkan lagi Rp17 miliar untuk kelanjutan pengerjaan tribun bagian utara. Dan terakhir anggaran dikucurkan Rp95 miliar untuk APBD Tahun Anggaran 2017. (*/nck)