Perusda
Bank SUlsel Bar

Kabar Makassar Perkenalkan Prototype BERTANYAKI

on 12/3/18 Oleh Hendra N. Arthur
Kabar Makassar Perkenalkan Prototype BERTANYAKI

KabarMakassar.com, Tangerang --- Tim KabarMakassar.com akhirnya diberikan kesempatan memperkenalkan Prototype Pemilu Daerah dengan aplikasi "Bertanyaki" di ajang kompetisi Hack the Newsroom di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang Selatan, pada 9-11 Maret.

Kegiatan yang diselenggarakan Global Editors Lab dan Google News ini diikuti 13 media besar ini bersaing dalam merancang aplikasi redaksi terkait tema "Journalism & Electoral".

Proyek yang diusung KabarMakassar.com ini adalah prototype yang akan membantu 6,3 juta pemilih di Sulawesi Selatan untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum.

KebarMakassar.com yang diwakili Hendra Nick Arthur (newsroom), Firman (programer), dan Yusrifar (desainer) ini memperkenalkan prototype yang memberikan ruang pertanyaan bagi warga yang bingung terkait informasi pemilu yang memiliki sumber yang tidak jelas.

"Prototype BERTANYAKI ini akan menghimpun seluruh pertanyaan masyarakat yang kemudian akan dikurasi awak newsroom sebagai bentuk klarifikasi publik. Apakah informasi ini hoaks, palsu atau tidak," ucap Yusrifar usai menyelesaikan project Google News Lab itu.

Dia menjelaskan kehadiran media platform digital dari timur Indonesia sebagai bentuk ekspresi newsroom menguji kreatifitas bersama dengan media mainstream di Jakarta.

Ini kali ketiga KabarMakassar.com mengikuti Jakarta Editors Lab, yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2016 lalu.

Kehadiran member Kabar Grup Indonesia ini di ajang Jakarta Editors Lab 2018. Diharapkan mampu menghadirkan terobosan baru manajemen newsroom media platform digital yang berpusat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam kompetisi bergengsi itu, tim Tempo.co untuk kedua kalinya berhasil menjadi juara. Pemenang akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Editors Lab Final di Lisbon, Portugal, pada Mei 2018. (*)