Perusda
Bank SUlsel Bar

Soal Nomor Urut, Pengamat Politik Bilang Begini

on 13/2/18 Oleh Suharlim Syamsuddin
Soal Nomor Urut,  Pengamat Politik Bilang Begini
Pengamat Politik Sulsel Saifuddin Al-Mughny. [Foto: ist]

KabarMakassar.com ---  Pengamat Politik Sulawesi Selatan, Saifuddin Al - Mughny menanggapi hasil pengundian nomor urut dua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2018.

Menurut dia, hasil pengundian nomor urut tersebut tidak memberi efek politik pada Pilwalkot Makassar yang akan dihelat pada Juni mendatang. Pasalnya, kata dia, nomor urut yang didapat oleh kedua paslon tersebut tidaklah berdampak terhadap elektabilitas keduanya.

"Pengundian nomor ini adalah bagian dari tahapan pemilu. Tapi terkait siapa nomor satu dan dua, saya kira itu hanyalah persoalan angka saja, tidak berefek terhadap elektabilitas calon," ujar Saifuddin Al - Mughny, saat dikonfirmasi,  Selasa 13 Februari 2018.

Namun, hasil undian nomor urut satu maupun dua, lanjut mantan Wakil Rektor III bagian kemahasiswaan UVRI Makassar ini mengatakan bahwa hal itu bukan suatu kebetulan saja tetapi itu adalah sebuah pilihan yang hanya dilakukan oleh kedua calon Walikota Makassar.

Terkait nomor urut kedua paslon ini, Saifuddin membeberkan, memang banyak fenomena politik yang mendudukkan nomot calon,  misalkan nomor urut dua dianggap nasib yang baik. Sebab tidak sedikit pasangan calon di Pilkada yang mendapatkan angka tersebut meraih kemenangan.

"Tapi itu kan hanya sebuah fenomena politik karena anasir nomor urut itu hanya sebenarnya hanyalah simbolisasi.  Namun, yang terpenting adalah bagaimana politik gagasan itu di kedepankan," jelasnya.

Selanjutnya, pengamat politik muda ini berharap pasangan calon nomor urut 1 Munaffri Arifuddin -  Rachmatika Dewi (Appi-Ciccu) dan pasangan calon nomor urut 2 Moh. Ramdhan 'Danny'  Pomanto - Indira Mulyasari Pramaatuti (DIAmi) tetap menjadi pemimpin yang lebih baik kedepannya.

"Kita berharap kedua pasangan calon ini tetap menjadi pemimpin yang ber-makassar dengan baik," pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah melakukan pengundian nomor urut calon Walikota Makassar dan Wakil Walikota Makassar, di Hotel Clarion Jalan AP Pettarani, Selasa 13 Februari 2018.

Pengundian nomor urut ini dilakukan sehari setelah KPU Kota Makassar menetapkan dua pasangan calon di Pilwalkot Makassar yakni Munaffri Arifuddin -  Rachmatika Dewi dan Moh Ramdham 'Danny' Pomanto -  Indira Mulyasari Pramastuti. (*)