Perusda
Bank SUlsel Bar

Persiapan Pembersihan Patung Dewa Dewi Klenteng Xian Ma

Terbit 8/2/18 Oleh Baba Duppa
Persiapan Pembersihan Patung Dewa Dewi Klenteng Xian Ma
Sejumlah warga membersihkan patung di Klenteng Xian Ma Makassar di Jalan Sulawesi Makassar, Rabu, 8/2. [Foto: Baba Duppa / KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com--- Perayaan Imlek 2018 yang akan berlangsung pada 16 Februari mendatang sudah terasa di Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Persiapan perayaan Imlek diantaranya berlangsung di Klenteng Xian Ma salah satu Klenteng terbesar di Kota Makassar yang terletak di Jalan Sulawesi Makassar Sulawesi Selatan, Kamis 08 Februari 2018.

Sejak kemarin sejumlah Lozhu atau warga Tionghoa yang ditunjuk khusus, melakukan pembersihan patung termasuk patung dewa dewi di klenteng.

Selama empat hari selain membersihkan patung, Lozhu juga mengganti pakaian patung dewa dewi diantaranya Patung Dewi Xian Ma patung Dewi utama di Klenteng ini.

Humas Klenteng Xian Ma Makassar, Robbyanto Rusli mengatakan jika di Klenteng Xian Ma ada sekitar 110 patung dibersihkan. Patung berada di lima lantai klenteng.

Untuk membersihkan patung, Lozhu menggunakan air kembang yang sebelumnya sudah didoakan.

"Kita mandikam dewa dewi, diganti bajunya ini hari kedua kemarin di lantai lima dan puncaknya nanti tanggal sepuluh," kata dia

Selain pembersihan patung, pengurus klenteng juga tengah memasang lampion dan tempat lilin.

Jika pada tahun sebelumnya perayaan Imlek dilakukan dengan berbagai kegiatan meriah, untuk Imlek tahun ini Pengurus Klenteng Xian Ma merayakan dengan sedikit lebih sederhana mengingat selain sebagai tahun politik juga banyak bencana terjadi di beberapa daerah di Indonesia. (*)