Perusda
Bank SUlsel Bar

Bulan Merah di Langit Makassar

Terbit 31/1/18 Oleh Indrawan
Bulan Merah di Langit Makassar
fenomena super blue blood moon eclipse. [Foto: Imran Arief / Kabar Makassar]

KabarMakassar.com --- Hari ini. Tepatnya Rabu, 31 Januari 2018 malam, langit Makassar di hiasi sebuah gerhana bulan yang berwarna merah.

Kejadian ini berlangsung beberapa menit yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat kota Makassar.

Fenomena bulan merah yang nampak di langit Makassar ini disebut sebagai super blue blood moon eclipse yang terjadi di semua belahan dunia.

Sebuah fenomena langka yang hanya terjadi sekitar 150 tahun sekali.

Supermoon terakhir terjadi pada 31 Maret 1886 lalu.

Super Blue Blood Moon ini adalah paduan ketiga momen luar angkasa yang begitu langka yaitu supermoon yakni penampakan bulan yang begitu besar karena berada pada jarak terdekat dengan bumi, blue moon atau bulan berwarna biru, dan blood moon karena bias cahaya yang menyebabkan sinar bulan terlihat seperti merah darah.

Hal inilah sehingga NASA menjulikinya dengan sebutan seper blue blood moon.

Foto ini pun menjadi perhatian besar bagi masyarakat Makassar yang tidak ingin melewatkan kejadian yang hanya bisa dilihat sekali seumur hidup dan beberapa orang pun bersyukur dengan adanya fenomena ini seperti yang dilakukan oleh walikota Makassar yang memilih melakukan shalat gerhana bersama ratusan masyarakat kota Makassar di lapangan Karebosi.

"Kita patut bersyukur bisa melihat fenomena yang sangat langka, ada tiga momen langkah pada malam hari ini yang hanya bisa terjadi sekitar 150 tahun sekali" kata Danny saat sambutan di lapangan Karebosi. (*)