Perusda
Bank SUlsel Bar

Dijemput Gubernur, Obor Asian Games Hingga ke Bulukumba

on 20/7/18 Oleh Fritz Wongkar
Dijemput Gubernur, Obor Asian Games Hingga ke Bulukumba

KabarMakassar.com -- Obor Asian Games dijadwalkan bahkan tiba di Makassar pada tanggal 28 Juli 2018, obor tersebut bakal disambut langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan dalam hal ini Pj Gubernur Soni Sumarsono bersama dengan jajaran TNI Angkatan Udara (TNI AU) Republik Indonesia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sri Endang Sukarsih saat ditemui diruang kerjanya.

Dijemput Gubernur Sulsel, Obor yang akan menempuh jarak 18,000 kilometer dari 18 Provinsi, 54 Kabupaten dan kota ini langsung menuju Kabupaten Bulukumba dan melintasi beberapa kabupaten di Sulsel diantaranya, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng hingga Kabupaten Bulukumba.

"Nanti akan langsung dibawa dan diarak hingga ke Kabupaten Bulukumba, kenapa disana karena Bulukumba memiliki beberapa obyek wisata yang menarik untuk kita perkenalkan, mulai dari Pantai Bira yang terkenal hingga budaya membuat perahu phinisi juga merupakan ikon Sulsel dan persinggahn obar akan dilakukan disana sebelum dibawa kembali ke Makassar"ujar Sri endang.

Lanjut Sri Endang jika obor tersebut tidak hanya disinggahkan begitu saja. Deretan rangkaian acara juga dipersiapkan disana diantaranya Festival Bulukumba pada malam hari untuk menyambut obor tersebut. 

“Kita ingin memperkenalkan bulukumba sebagai Bali kedua di Indonesia,”tambahnya

Setelah dari Bulukumba obor akan kembali ke Makassar menuju pelabuham Soekarno Hatta, dan dijemput oleh Kapal Dewaruci untuk membawa arakan obor ke dermaga Lantamal diiringi oleh kapal-kapal nelayan. Disana akan dilaksanakan upacara sebelum dilepas dan diarak menuju anjungan Pantai Losari di Makassar. 

Sakralnya obor tersebut dikarena ada histori dari api abadi dari India tersebut. Dikarenakan India merupakan tuan rumah Asian Games untuk pertama kalinya pada tahun 1951. Api ini diambil dari lokasi api abadi Asian Games di India, yaitu Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, tempat Asian Games pertama kali digelar di India. Api sengaja didatangkan dari sumber api abadi dari India sebagai lambang semangat yang terus menyala untuk menjaga kebersamaan dan persahabatan serta semangat untuk berprestasi.

Dikabarkan jika pada saat diatas pesawat api tersebut tak boleh mati hingga akhir penyelenggaraan Asian Games. 

Asian Games 2018 akan dikirab keliling 54 kota dan kabupaten di Indonesia. 

Berikut ini rutenya: Yogyakarta-Semarang (18 Juli) Solo (19-20 Juli) Blitar-Kepanjen-Malang (20 Juli) Bromo-Probolinggo-Situbondo- Bondowoso (21 Juli) Banyuwangi (22 Juli) Gilimanuk-Kuta-Tanah Lot-Tampak Siring-Denpasar-GWK Bali (23-25 Juli) Mataram (25 Juli) Raja Ampat-Sorong (26-27 Juli) Tanjung Bira-Makassar (28-29 Juli) Banjarmasin (30 Juli) Aceh (31 Juli) Danau Toba-Tobasa-Tapanuli Utara (31 Juli-1 Agustus) Pekanbaru-Siak (1 Agustus) Bukit Tinggi (2 Agustus) Jambi (2 Agustus) Palembang-Musi Banyuasin-Panukal Abab Lelatang Ilir-Prabumulih-Ogan Ilir-OKI (3-7 Agustus) Tulang Bawang-Lampung (7-8 Agustus) Serang (9-10 Agustus) Purwakarta-Bandung-Garut (10-12 Agustus) Cianjur-Bogor (13-14 Agustus) Istana Bogor-Gelora Bung Karno Jakarta (15-18 Agustus) Di Yogyakarta, obor akan dikirab keliling Yogyakarta, mulai Pagelaran Keraton hingga Tugu Yogyakarta pada Kamis (19/7/2018). Dari sini, obor akan dilepas menuju Solo. [Leo Maraya]