Perusda
Bank SUlsel Bar

Janji Menteri Pertanian Untuk Kabupaten Tana Toraja

on 25/4/18 Oleh Fritz Wongkar
Janji Menteri Pertanian Untuk Kabupaten Tana Toraja
Mentan RI, Amran Sulaiman bagi bibit Kopi di Toraja

KabarMakassar.com -- Kunjungan kerja Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman di Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan selama dua hari yakni 24 hingga 25 April 2018 membuat para petani di Tana Toraja bergembira. Pasalnya dalam kunjungan tersebut Amran dan rombongan kementerian pertanian memberikan bibit kopi serta alat-alat pertanian untuk masyarakat di dua kabupaten di Toraja.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman di gedung Tammuan Mali, Makale menyatakan janjinya untuk menjadikan Kabupaten Tana Toraja sebagai Kabupaten Penghasil Kopi. Dihadapan ratusan warga dan juga para petani kopi di gedung tersebut.

"Tana Toraja sangatlah bagus sebagai Kabupaten Penhasil Kopi. Dimana kopi di Toraja ini sudah mendunia, untuk itu jelas Kabupaten ini saya janjikan sebagai Kabupaten penghasil Kopi"kata Amran Sulaiaman, Menteri Pertanian putra daerah Sulsel.

Amran menyatakan hal tersebut dimana Kopi Toraja memanga sudah mendunia dan tak heran jika kopi asal Bumi Lakipadada terkenal hingga di mancanegara. 

"Saya akan mendorong dengan cara penyerahan bibit sebanyak 500 Ribu pohon Kopi, lengkap dengan pupuknya dan ini kita serahkan secara Gratis"kata Amran.

Ia pun menjelaskan jika bibit tersebut di perkirakan mampu tumbuh prioritas sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 3 hingga 4 ton produksinya. 

"Dan untuk saat ini kita tahu produksi kopi hanya 600 kilo atau setengah Ton dan inilah kita angkat supaya kita bisa bersaing dengan negara lain. 

Jika ini berhasil maka saya akan jelas akan kirim terus keluar negeri dan Kabupaten ini jelas jadi Penghasil Kopi terbaik"terang Amran.

Tidak hanya di gedung Tammuan Mali di Makale, Menteri Pertanian juga langsung bertatap muka dengan petani yang berada di Lembang Gandang Batu, Kecamatan Gandang Batu Sillanan. Dalam pertemuan tersebut Amran pun selain memberikan bibit kopi, lada dan cengkeh. Ia juga memberikan beberapa bantuan seperti alat pertanian hingga bantuan hewan ternak seperti bibit ayam potong untuk 50 ekor per kepala keluarga (KK).

Kedatangan Menteri diera Jokowi-JK ini, tidak hanya memberikan beberapa bantuan alat pertanian, Amran Sulaiman juga memberikan kuliah umum untuk Kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.

Kehadiran Mentan RI, Amran Sulaiman juga disambut pejabat pemerintahan Kabupaten Tana Toraja yakni Nicodemus Biringkanae, Dandim 1414 serta pejabat OPD lingkup Pemkab Tana Toraja dan Camat hingga kepala Lembang se-Tana Toraja.