Sosok NH di Mata Andi Ilhamsyah Mattalatta

Kabar Makassar — Sosok bakal calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid atau NH di mata Ketua DPD Partai Hanura Sulsel Andi Ilhamsyah Mattalatta cukup sederhana dan logis.

Pria yang akrab disapa Deng IL ini mengaku sejalan dengan visi dan misi NH yang ingin membangun Sulsel melalui pendekatan ekonomi kerakyatan. “Berbicara ekonomi kerakyatan. Nurdin saya kenal baik sudah lama berkecimpung di ekonomi karakyatan. Kepiawaiannya mengelola usaha rakyat seperti koperasi tidak diragukan lagi,” kata Ilham.

Menurutnya kepercayaan publik terhadap NH tidak lepas dari rekam jejaknya membangun jaringan koperasi Indonesia hingga ke tingkat dunia.

Bahkan, kata dia dari sederet calon gubernur yang akan bertarung pada Pilgub Sulsel 2018, hanya NH yang dinilai paling tuntas dalam konsep dan praktik ekonomi kerakyatan.

Konsep ekonomi kerakyatan ala NH dituangkan dalam trikarya pembangunan. Konsep trikarya yang mencakup layanan kesehatan gratis berbasis KTP, pendidikan dan fasilitas sekolah gratis, kredit kesejahteraan tanpa bunga hingga Gerakan Bangun Kampung.

Baca juga :   Dilema Demokrat Usung Calon Walikota di Makassar

“Itulah Nurdin Halid. Sosoknya melatari beragam program-program populis yang kini sangat dinanti masyarakat Sulsel. Walaupun banyak hal-hal yang kontroversi di masa lalunya,” ujarnya.

Semasa memimpin Puskud Hasanuddin, NH berhasil mengendalikan harga sejumlah komoditas strategis di Sulsel agar tetap stabil. Tidak hanya itu, dia menilai kesejahteraan petani mengalami peningkatan berkat jaminan ketersediaan pasokan pupuk dengan harga yang terjangkau. “NH itu praktisi ekonomi kerakyatan. Tak sia-sia pengalamannya mengelola koperasi mulai dari nol,” ucapnya

Praktisi industri kepariwisatan Sulsel ini juga tak meragukan kemampuan NH di sektor pariwisata. Nurdi Halid mampu menghidupkan kembali jalur-jalur kepariwisataan di masa lampau. “Dulu kita punya jalu-jalur tourism di daerah Selatan-selatan. Bagaimana mengangkat potensi yang ada di Makassar hingga ke Bone. Nurdin paham dengan kondisi histori dan kejayaan itu. Melalui tangannya pariwisata Sulsel akan bangkit kembali,” kata dia.

Baca juga :   Open House Terakhir, Pasangan Sayang Ramai Dikunjungi Politisi

Mantan Ketua BPD Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) SUlsel ini juga melihat sosok NH yang memahami sejarah masa lalu sehingga budaya dan kekuatan kearifan lokal bisa menjadi primadona Sulsel. “Termasuk keindahan budaya Toraja, keindahan panorama Pantai Bira Bulukumba dan destinasi potensial lainnya bisa kembali jaya setelah terpuruk selama 10 tahun terakhir ini,” ucapnya.

Tokoh pendiri Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski Air (Popsa) ini menilai sosok NH sabagai figur yang tepat memimpin Sulsel di masa mendatang. Kemampuan Nurdin, lanjutnya memiliki konsep yang matang untuk membangun Sulsel lima tahun ke depan.

Meski diakui sosok Nurdin yang cukup kontroversi di masa lalu, kata dia bukan halangan bagi NH untuk kembali mengangkat kembali potensi dan citra Sulsel yang sudah lama hilang.

“Kita bisa melihat bagaimana keterpurukan Sulsel dalam pengembangan olahraga. Sulsel yang menjadi pelopor berbagai cabang termasuk olahraga air tak terdengar lagi. Begitu juga dengan olahraga sepakbola. Kita bisa melihat bagaimana kondisinya saat ini. Sulit rasanya mengembalikan kejayaan masa lalu,” keluh mantan Atlet Ski Air Nasional ini.

Baca juga :   Fit dan Propert Test, Ini Keinginan Deng Ical

Melalui campur tangan mantan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Ilham menegaskan tak ada yang bisa pungkiri. Meski banyak yang pro dan kontra dengan kebijakannya. “Di tangan Nurdin, sepak bola menjadi sesuatu yang menarik. Mempersatukan rakyat Indonesia, maka saya yakin Nurdin Halid bisa mempersatukan beragam perbedaan di Sulawesi Selatan,” tutupnya.

[divider sc_id=”sc1235457651926″]divider-3[/divider]

[team layout=”3″ staff=”6286″ sc_id=”sc681683464187″]