News

Sosok Anci Laricci

Sosok Anci Laricci

Kabar Makassar-- Dikenal dengan karya-karya yang sangat identik dengan unsur lokal, Anci Laricci terkenal lewat lagu "Pantai Losari" dan "Nona Manis", lahir 17 Agustus 1953. Sebelum sukses masuk dapur rekaman kehidupan anci sangat sulit. Sebelum jadi penyanyi anci dikenal sebagai tukang jahit, tukang parkir hingga kuli bangunan. Tempat jahitnya dulunya berada di jalan rajawali Makassar hingga sampai suatu saat dia hijrah ke Jakarta.

Di Jakarta anci berjuang masuk dalam dunia musik, Anci telah menciptakan lebih dari 100 lagu, termasuk "Tena Ruanna", "Sajang Rennu", "Balo Lipa", "I Kau Tonji", "Kualeanna Tallanga". Anci juga dikenal sebagai pelopor musik-musik rege contohnya nona manis,lagu tersebut sangat populer dikalangan masyarakat. Anci juga sempat buka dapur rekaman dan ia banyak mengorbitkan penyanyi. Anci memiliki 4 anak namun dari 4 anaknya tidak ada yang mewarisi bakatnya sebagai penyanyi.

Anci Laricci menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit sesak nafas yang dideritanya. Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Stella Maris selama tiga hari.

Salah satu karya ikonik almarhum Anci Laricci adalah gubahan lagu Pantai Losari yang tampil bersama The Legend Makassar pada malam penutupan Makassar International Eight Festival and Forum (Makassar F8) di panggung utama Anjungan City of Makassar pada 10 September 2017 lalu. Penampilan tersebut sekaligus penampilan terakhir dari Anci Laricci.

Anci Laricci yang juga maestro lagu-lagu khas daerah ini, tutup usia di umur 65 tahun. Kini sang maestro telah tiada dan meninggalkan harta karun berupa lagu-lagu yang sangat khas daerah makassar. Selamat jalan sang maestro, karya-karyamu akan selalu dikenang oleh masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Penulis: Indrawan
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close