Serahkan Stadion Mattoangin, YOSS Bakal Cabut Tuntutan di PTUN

Penandatanganan akta penyerahan Stadion Mattoanging yang dilakukan secara langsung oleh Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Rumah Jabatan Gubernur. Senin (3/2). (IST)

KabarMakassar.com — Polemik kepemilikan dan pengelolaan Stadion Andi Mattalatta (Mattoanging) akhirnya berakhir. Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) selaku pihak yang selama ini mengelola stadion tersebut secara resmi menyerahkannya ke Pemerintah Provinsi Sulsel, Senin (2/3).

Penyerahan tersebut ditndai dengan penandatanganan akta penyerahan yang dilakukan langsung oleh Ketua Dewan Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur, disaksikan langsung Wakil Ketua KPK Nurul Gufron, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Firdaus Dewilmar, Ketua DPRD Provinsi Sulsel Andi Ina Kartika Sari, dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel.

Dengan diserahkannya Stadion Mattoanging kepada Pemprov Sulsel, pihak YOSS juga akan mencabut tuntutan yang sudah diajukannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait pengelolaan stadion tersebut.

“Kita lihat perkembangannya, karena itukan sudah sementara berjalan, tapi insha Allah (kita cabut tuntutan). Nanti juga masih ada pembicaraan-pembicaraan,” kata Ilhamsyah, usai penyerahan Stadion Mattoanging.

Ia berharap, dengan diserahkannya stadion yang menjadi kandang PSM ini, Pemprov Sulsel akan segera melakukan perbaikan. Ilham pun mengaku saat ini sudah merasa lega.

“Sudah dilihat tadi penyerahan, sudah secara formal. Kita sudah serahkan dan insha Allah kita menunggu hasil renovasi nanti. Yang jelas kita merasa lega bahwa ini semua sudah tidak berpolemik lagi,” ujarnya.

Ilhamsyah juga mengatakan, pihaknya akan bersedia jika nantinya pascaarenovasi kembali dipercayakan untuk mengelola Stadion Mattoanging.

“Insha Allah seperti apa yang dikatakan oleh pak gubernur, yah itu kami akan tetap menjaga dan bertanggung jawab untuk memelihara karena memang itu spesialisasi kami. Sudah sekian puluh tahun tanpa dukungan pemerintah dan tanpa dukungan apa-apa kita bisa jalan. Itu yang saya mengapresiasi kepada apa yang dikatakan pak gub tadi, bahwa yang ngerti betul yah memang itu tidak salah,” ucapnya.

Sekadar diketahui, sebelumnya YOSS melalui tim kuasa hukumnya telah menggugat Pemprov Sulsel baik di PTUN maupun di Pengadilan Negeri. Di PTUN Makassar, gugatan YOSS terdaftar dengan Nomor Perkara 119/G/2019/PTUN-MKS tanggal 5 November 2019 atas dugaan pelanggaran hukum terkait pencabutan hak kelola YOSS atas Stadion Mattoanging oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diperintahkan Pemprov Sulsel.

Sementara di Pengadilan Makassar, gugatan YOSS dilayangkan pada 13 Januari 2020 dengan objek perkara terkait dengan sertifikat kepemilikan Pemprov Sulsel atas Stadion Mattoanging.

Reporter :

Editor :

Herlin

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI