Serahkan LKPD ke BPK, Basli Ali Harap Dapat WTP Clean and Clear

Penyerahan dokumen LKPD diberikan langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali dan diterima langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono

KabarMakassar.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar menyerahkan menyerahkan dokumen Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulsel di Kota Makassar, Jumat (13/3) kemarin.

Penyerahan dokumen LKPD itu diberikan langsung oleh Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali dan diterima langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono untuk selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan diperiksa berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam sambutannya, H. Muh. Basli Ali mengatakan bahwa periode kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Zainuddin sudah masuk tahun kelima. Dalam kurun waktu itu, kata Basli, pihaknya telah banyak hal yang sudah dilakukan dan dikerjakan.

“Pada awal kepemimpinan saya bersama Pak H. Zainuddin mendapat warisan opini disclaimer lima tahun berturut-turut dari pemerintahan sebelumnya,” kata Basli.

Akan tetapi, kata dia, pada masa awal kepemimpinannya pada tahun 2016, pihaknya melakukan perbaikan secara menyeluruh atas pengelolaan keuangan hingga mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

“Opini WTP ini bisa dipertahankan hingga tiga kali berturut-turut yakni dari tahun 2016, tahun 2017 dan tahun 2018. Dan harapan kami dari Pemkab opini WTP itu bisa dipertahankan kembali untuk tahun 2019,” ungkapnya.

Selain itu, Basli juga mengucapan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulsel. Karena, kata dia, proses untuk meraih opini WTP tidak terlepas dari pembinaan, arahan serta kesempatan yang seluas-luasnya yang diberikan kepada Pemkab Selayar untuk terus melakukan perbaikan berkelanjutan.

“Raihan opini WTP tentu bukanlah akhir dari ikhtiar kami dalam menata pengelolaan keuangan daerah, justru di tahun-tahun mendatang kami berharap dapat meraih opini WTP dengan status Clean and Clear,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono mengatakan bahwa penyerahan dokumen LKPD adalah suatu mekanisme yang sudah berlangsung secara rutin setiap tahun.

“Kami atas nama BPK RI Perwakilan Suls mengucapkan terima kasih kepada para bupati dan wali kota karena telah memenuhi permintaan BPK RI untuk bisa menyelesaikan dan menyerahkan laporan keuangan lebih awal dibanding pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Wahyu.

Untuk diketahui, hadir juga pada kesempatan itu yakni Sekda Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si., Wakil Ketua DPRD Selayar Dra. Hj. Suryani, Inspektur Selayar H. Ar. Krg. Magassing, M.H., Kadis BPKPAD Selayar, serta Kabag Keuangan Dg. Maboja.

Reporter :

Editor :

Redaksi

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI