Sempat Diobservasi, Satu Warga Sulsel Dinyatakan Negatif Corona

Ilustrasi - INT

KabarMakassar.com — Satu warga Sulsel yang diduga atau dicurigai (suspect) terpapar Virus Corona (Covid-19), dan sempat menjalani proses observasi selama dua hari di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, akhirnya dinyatakan negatif Corona.

Kepala Bagian Humas RS Wahidin, Dewi Resky mengatakan, pasien tersebut diobservasi sejak Senin (2/3) malam, dan dinyatakan negatif pada Rabu (4/3) siang, sehingga langsung dipulangkan.

“Hasilnya negatif, sudah pulang kemarin siang,” kata Kepala Bagian Humas RS Wahidin, Dewi Resky, Kamis (5/3).

Sebelumnya, kabar tentang adanya warga Sulsel yang diduga terpapar Virus Corona dan menjalani onservasi di RSUP Wahidin Sudirohusodo disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Ichsan Mustari, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi E DPRD Sulsel terkait penanganan Virus Corona, Rabu (4/3) kemarin.

“Sudah sejak dua hari lalu di RS Wahidin, dan sampai saat ini masih dalam observasi,” ungkap Ichsan.

Meski begitu, kata dia, warga tersebut belum bisa dipastikan positif terjangkit Virus Corona.

“Kita belum bisa tentukan, karena juga sedang menunggu hasil lab dari Litbangkes Jakarta. Begitulah proseduralnya. Kita semua berdoa mudah-mudahan ini tidak ada (bukan Covid-19),” ujarnya.

Ichsan juga membeberkan bahwa sejak 20 Januari lalu sampai saat ini, setidaknya ada 49 warga Sulsel yang berada dalam pemantauan tim dari Dinas Kesehatan.

“Mereka ini langsung datang ke kita, dan diperiksa. Tapi ternyata hanya demam saja. Sekarang semua sudah sehat,” bebernya.

Sekadar diketahui, Pemerintah Provinsi Sulsel telah menunjuk dan menetapkan enam Rumah Sakit (RS) sebagai tempat rujukan, jika terdapat pasien suspect Corona di wilayah Sulsel.

Keenam RS tersebut yakni: RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo (Makassar); RSU Andi Makkasau (Parepare); RSU Lakipadapada (Tanah Toraja); RSU Akademis Jaury (Makassar); RS Islam Faisal (Makassar); dan RSUD Sinjai (Sinjai). Keenam RS yang ditunjuk ini adalah RS yang dulunya juga dijadikan sebagai tempat rujukan kasus Flu Burung.

Selain enam RS rujukan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel juga telah menyiapkan Posko Siaga COVID-19. Masyarakat Sulsel bisa mendapatkan informasi terkait Virus Corona dengan menghubungi call center di nomor telepon 085299354451.

Reporter :

Editor :

Herlin

Firdaus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI