Sekilas Tentang Perjuangan Presiden RI Ke-2 pada Pembebasan Irian Barat

Monumen Mandala [Foto: Int]
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kabar Makassar-– Dipusat kota Makassar tepatnya di jalan Jenderal Sudirman terdapat sebuah bangunan yang menjulang tinggi bernama Monumen Mandala.

Monumen Mandala yang dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996 untuk mengenang jasa para pahlawan dalam pembebasan Irian Barat dari tangan para penjajah.

Sekaligus hadiah atas jasa mantan Presiden Indonesia yang ke-2, Soeharto. Dimana ia merupakan Panglima Komando Mandala, yang beran penting dalam mengatur strategi untuk membebaskan Irian Barat.

Meskipun saat itu Republik Indonesia telah merdeka. Namun, Belanda masih menguasai wilayah Irian Barat. Sejak operasi pembebasan berhasil, Irian Barat pun berhasil kepangkuan ibu pertiwi.

Operasi Irian Barat sendiri dimulai pada tanggal 2 Januari 1962 dengan keluarnya keputusan presiden tentang pembentukan Komando Mandala dan sepuluh hari setelahnya Presiden Soekarno mengangkat Mayjen Tni Soeharto sebagai Panglima Mandala dan Makassar ditetapkan sebagai pusat Markas Komando Mandala.

Dari markas setinggi 75 meter ini,operasi untuk merebut Irian Barat dikendalikan sehingga akhirnya pemerintah Indonesia berdaulat penuh atas Irian Barat sejak 1 Mei 1963.

Dapat dililhat dinding luar bagunan monumen direalisir kobaran api yang melambangkan gelora semangat utnuk membebaskan Irian Barat, sedangkan bagian dalam tubuh monumen tersebut terdapat relief yang menceritakan sejarah perjungan pembebasan Iran Barat.

Bangunan yang telah berdiri 21 tahun ini, dibangun dengan empat lantai setiap ruangnya menyimpan banyak peninggalan sejarah yangn dapat dinikmati oleh generasi baru saat ini.

Seperti diantaranya, pada satu terdapat diaroma relief dan replika pakaian serta perjuangan masyarakat Sulawesi Selatan pada abad ke XVII.

Di lantai dua terdapat diaroma dan relief yang menceritakan tentang perjuangan pembebasan Irian Barat.

Untuk lantai tiga, pengunjung monumen dapat melihat ruang kerja Panglima Mandala, lengkap dengan peta Irian Barat, foto-foto persiapan pemberangkatan pasukan, tanda jabatan dan pakaian yang dipergunakan pada saat Operasi Mandala.

Memasuki lantai empat dalah ruang pandang dimana pengunjung dapat melihat suasana kota Makassar dari ketinggian.

[divider sc_id=”sc1286338573650″]divider-3[/divider]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.