News

Sekilas Tentang Ballo Tanning Jeneponto

Sekilas Tentang Ballo Tanning Jeneponto

Kabar Makassar-- Kabupaten Jeneponto merupakan salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kabupaten Jeneponto akan menemui banyaknya pohon lontar.

Masyarakat Jeneponto biasanya menyuling pokok tala atau pohon lontar untuk dijadikan minuman pelepas dahaga.

Masyarakat setempat biasanya menyebutnya dengan ballo tanning, bukan hal yang baru lagi Ballo (tuak) merupakan salah satu minuman khas orang Jeneponto yang rasanya manis tanpa kandungan alkohol.

Kabupaten Jeneponto yang bertanah tandus banyak ditumbuhi pohon lontar. Dari pohon pohon lontar yang tunbuh suber tersebut sebagian besar masyarakat menggantungkan hidupanya.

Selain Ballo tanning (Tuak) masyarakat juga mengolah sari, buah dan daun pohon lontar menjadi berbagai oleh oleh yang khas, seperti gula merah, tenteng, dan tikar dari daun lontar.

Ballo atau tuak, dapat dibuat melalui beberapa tahap diantaranya: mengiris-iris buah Lontar hingga airnya keluar, bagian atas diikat dengan keras agar airnya mudah dan mengalirnya lancar, gunakan bambu atau cergen untuk menampung air dari buah lontar tersebut.

Selanjutnya tinggal menunggu beberapa hari, maka air dari tala' terkumpul. Air endapan dari buah di pohon lontara inilah yang dijadikan sebagai minuman Ballo yang terkenal di Jeneponto. (Berbagi Sumber)

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: