Sejarah Kebangkitan Maritim itu Dimulai dari Makassar

Kabar Makassar — Kongres Nasional Maritim (Konasmi) yang digelar Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) sukses melahirkan sejumlah konsensus bersama pembangunan maritim.

Selain penandatanganan Piagam Maritim oleh 35 kepala daerah pesisir dan kepulauan, kongres ini juga sukses menginisiasi terbentuknya Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo). Bupati Selayar, Basli Ali, terpilih secara aklamasi dalam pemilihan secara tertutup.

Baca juga :   LPA Sulsel Lakukan Konsultatif Ke Beberapa Dinas

Steering Commite Konasmi, Anis Kurniawan, mengatakan, terbentuknya Aspeksindo adalah suatu momentum berharga bagi Indonesia yang sedang fokus mendorong pembangunan di sektor maritim.

“Potensi kemaritiman kita harus mendapat perhatian besar. Kekayaan bangsa kita ada di laut. Dengan perhatian pada wilayah pesisir dan kepulauan, Indonesia akan semakin kuat berdaulat karena basis ekonomi rakyat tumbuh dari pesisir,” jelas peneliti sosial politik ini.

Baca juga :   Asik... Warga Makassar Sudah Bisa Penuhi Keperluan Lebaran Dari Hasil Sampah

Ditambahkan, tim formatur Aspeksindo yang telah dibentuk akan bergerak cepat untuk menggelar Rapat Kerja Nasional.

“Dalam waktu dekat akan ada audiensi dengan Presiden Jokowi untuk menyampaikan rekomendasi kongres dan persiapan pemantapan program kerja. Konsolidasi juga akan segera dilakukan oleh formatur terpilih,” tambahnya.

Penulis dan Foto: Isa