Satpol PP Makassar Kewalahan Tertibkan Pedagang Buah Musiman

Pedagang buah Musiman (Durian) yang sedang marak berjualan di sekitar pinggir jalan Makassar (/int)

KabarMakassar.com — Pedagang buah musiman yang menjajakan jualannya di tepi jalan, beberapa waktu belakangan menjadi pemandangan di sejumlah titik Kota Makassar, seperti di Jalan AP Pettarani, Letjen Hertasning, Mappaodang, dan beberapa lokasi lainnya.

Selain meresahkan pengendara karena mengakibatkan penyempitan jalan yang berujung kemacetan, hal ini juga berdampak pada tatanan estetika atau keindahan kota.

Menyikapi hal ini, Pemerintah Kota Makassar melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam waktu dekat akan melakukan sidak dan penertiban keberadaan pedagang buah musiman tersebut.

“Kita pastikan akan turun, tetapi kita tidak mau beberkan kapan waktunya. Sebab, jangan sampai mereka tahu kalau kami mau turun, pasti mereka tidak berada di tempat,” kata Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud, Selasa (11/2).

Nantinya, kata dia, sidak dan penertiban tersebut tidak akan dilakukan di semua titik jalan yang ada di Kota Makassar. Pasalnya, jumlah personil Satpol PP tidak sebanding dengan luas wilayah Kota Makassar.

“Rasio jumlah penduduk Kota Makassar dengan personel Satpol PP itu 1 banding 500, ditambah lagi jalan di Makassar sepanjang 2.000 Kilometer, sehingga personel kami akan kewalahan menjaga itu,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Iman, pihaknya sudah berupaya melakukan antisipasi hal ini dengan melakukan patroli ke beberapa wilayah di Makassar. Hanya saja, menurut dia kesadaran masyarakat untuk taat hukum memang masih perlu ditingkatkan.

“Antisipasi sudah kita lakukan, tetapi yang mau diantisipasi terlalu besar, jadi kita memang tidak mampu hadapi. Apalagi pedagang seperti itu ditindaki di jalan ini, pindah lagi menjual di jalan lain,” ungkapnya.

Meski begitu, Iman menegaskan, Satpol PP Kota Makassar akan terus berupaya semaksimal mungkin menangani seluruh persoalan masyarakat, apalagi sudah termasuk meresahkan.

“Bukan cuma penjual buah saja, semua pedagang yang kita dapati di sepanjang jalan dan bukan di tempat yang seharusnya berjualan, pasti kita usir,” tegasnya.

Iman menambahkan, dengan keterbatasan jumlah personel yang dimiliki Satpol PP Kota Makassar, pihaknya juga berharap kesadaran dari masyarakat itu sendiri.

“Karena sebanyak apapun penindakan dilakukan, tidak akan berarti tanpa adanya kesadaran dari masyarakat,” pungkasnya.

Reporter :

Editor :

Qiswanti

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI