Satgas Anti Narkoba di Sekolah, Dijalankan Tahun Ini

Satgsa Anti Narkoba di Sekolah [Foto:Int.]

Kabar Makassar– Untuk mencegah dan mengeliminir potensi peredaran narkoba di kalangan pelajar. Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Sulsel menggagas pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba di setiap sekolah.

Satgas Anti Narkoba ini rencanya akan diisi oleh para pelajar yang terpilih bertugas melakukan sosialisasi bahaya narkoba kepada teman teman sebaya mereka.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan keberadaan satgas Anti Narkoba di setiap sekolah ini merupakan keinginan dari Gubernur Sulsel, Syahrul yasin Limpo.

Baca juga :   Dinsos Makassar Jenguk Nenek Djumatia

Kedepannya, satgas yang telah terbentuk akan melakukan kegiatan kegiatan ekstra kurikuler, seperti pramuka dan paskibraka. Ia juga berharap pembentukan satgas Anti Narkoba dapat direalisasikan tahun ini.

“Jadi nanti tugas mereka (Satgas Anti Narkoba) adalah memberikan edukasi keteman teman sebaya mereka. Kan lebih mudah memberikan pemahaman kepada pelajar. Kita berharap cara ini efektif,” kata Irman. Minggu 13 Agustus 2017.

Langkah yangn ditempuh oleh Dinas Pendidikan ini diharapakan dapat menjauhkan pelajar dari belenggu narkoba. Selain itu, Irman juga menyebutkan bahwa setiap siswa baru pada tingkan SMA-SMK mulai tahun harus melalui tes urine dan test psikologi untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Baca juga :   Sejumlah Kandidat Doktor dan Magister Unhas "Diadili"

Pengujian ini dimaksudkan untuk memetakan potensi bahaya maupun ketergantungan narkoba dari para pelajar sekaligus melihat potensi, minta dan bakat para peserta didik.

Test urine ini akan dilakukan menyeluruh kepada siswa baik itu peserta didik baru maupun yang sudah lama. Namun untuk kelas 11 dan 12 waktunya akan diatur secara khusus mengingat kebijakan tersebut masih baru.

Baca juga :   Kampus UIT Menciptakan Sejarah

“Tes ini dilakukan menyeluruh untuk siswa, ini dimasukkan sebagi bagian dari Penerimaan Peserta Didik bari (PPDB). Sedangkan untuk kelas diatasnya bukan bagian dari itu, tapi akan tetap direncankan waktunya,” paparnya. (Adv)

[divider sc_id=”sc1121412558446″]divider-3[/divider]