News

Sarabba, Minuman Khas Makassar Yang Menyehatkan Tubuh

Sarabba, Minuman Khas Makassar Yang Menyehatkan Tubuh

Kabar Makassar-- Selain terkenal dengan makanan khasnya, makassar juga terkenal dengan aneka ragam jenis minuman. Salah satu minuman khas makassar yaitu sarabba.

Minuman khas ini dibuat dengan bahan dasar jahe, gula merah, kuning telur dan santan. Minuman ini memberikan efek hangat dan menyegarkan bagi tubuh saat di minum.

Indonesia memiliki banyak minuman khas yang memberikan manfaat luar biasa. Beberapa minuman khas indonesia hanya bisa dijumpai didaerah asalnya. Makassar misalnya memiliki minuman khas yang disebut sarabba.

Minuman ini memiliki aroma khas dengan rasa yang sedikit pedas tetapi aroma dan rasanya selalu menggoda. Sekilas mirip dengan STMJ (susu telor madu jahe) tetapi sarabba tidak menggunakan madu. Sarabba menggunakan rempah-rempah seperti merica, pala dan kayu manis.

Minuman ini memiliki khasiat bagi tubuh, saat meminumnya badan akan terasa hangat dan segar. Kebiasaan masyarakat Makassar ketika minum sarabba disajikan bersama dengan pisang goreng atau ubi goreng dengan sambal khas.

Sarabba dijual dalam tiga varian rasa diantaranya sarabba biasa yang rasanya masih original, sarabba telur dimana sarabba yang ditambahkan dengan kuning telur dan sarabba susu, dimana sarabba ini disajikan dengan tambahan susu.

Masing-masing varian memiliki rasa yang berbeda. Selain menghangatkan tubuh sarabba juga dapat mengembalikan stamina setelah beraktifitas seharian. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sarabba berasal dari bahan alami maka sarabba dijamin tidak memiliki efek samping.

Penjual sarabba banyak dijumpai di pinggir jalan Kota Makassar, seperti di Warung 212 dijalan Sultan Alauddin, Warkop Azzahra diujung jalan Bandang dan Sarabba Sungai Cerekang di jalan Sungai Cerekang Kota Makassar.

Bagi yang ingin menikmati secangkir sarabba, warung sarabba biasanya mulai buka sore hari hingga tengah malam. Harga secangkir sarabba mulai dari Rp. 7500 sampai Rp.12.000. Harga yang relatif terjangkau bagi yang ingin menikmati minuman khas Makassar yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini.

Penulis: Indrawan
Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close