Sampah dan Saluran Air Putus Sebabkan Genangan di Makassar

Ilustrasi Sampah penyebab Banjir [Foto: Suaradesa.com]

Kabar Makassar– Banyaknya keluhan masyarakat terkait banjir yang di sejumlah titik Kota Makassar pada Selasa, 13 Juni 2017 kemarin, ditanggapi oleh Humas Dinas Pekerjaan (PU) Kota Makassar yang mengatakan bahwa itu adalah genangan yang bukan merupakan kategori banjir.

“Setelah ditinjau yang di maksud Banjir tersebut, itu masih bersifat genangan, dan kami tetap tangani,” kata Hamka Darwis selaku Humas Dinas PU Kota Makassar. Rabu, 14 Juni 2017.

Baca juga :   Smartparking Belum Maksimal, PD Parkir Janji Benahi Sistem

Selain itu, Kepala Bidang Drainase dan PSDA Dinas Pekerjaan Umum Makassar, Fuad Azis mengatakan, pemicu terjadinya genangan di sejumlah ruas jalan, dikarenakan adanya saluran air yang tidak terkenoksi dan adanya temuan sampah yang menghambat jalannya air hujan sehingga menyebabkan terjadinya genangan.

“Penyebab terjadinya genangan itu karena saluran sekunder yang ada di Jalan Veteran Selatan, Kecamatan Mamajang, Makassar, tertutup oleh material bangunan dan alat-alat kendaraan bekas sehingga alur air tidak lancar sampai naik ke jalan,” tambahnya.

Baca juga :   Pangdam XIV Hasanuddin Launching Buku ke-6

Meski demikian, Fuad mengharapkan partisipasi dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk turut membantu dengan rutin mengecek saluran agar genangan tidak terjadi kembali.

Penulis : Marwah

Editor: Wulandari