News

Rute Garuda Makassar-Selayar Butuh Jaminan SLF

Rute Garuda Makassar-Selayar Butuh Jaminan SLF

Kabar Makassar-- Ekspansi maskapai Garuda tujuan Makassar-Selayar membutuhkan jaminan tingkat ketersediaan atau Seat Load Factor (SLF) hingga 80 persen.

Hal ini seperti disampaikan Pemerhati Kepariwisataan Sulsel, Bambang Haryanto yang menilai tingkat keterisian penumpang maskapai Garuda tujuan Makassar-Selayar menjadi faktor penentu keberadaan maskapai plat merah itu. "Untuk bisa bertahan, maskapai ini harus memiliki load factor minimal 80% per flight. Jadi harus simbiosis mutualisme dengan pihak-pihak terkait," ucap Bambang di Makassar, 23 September 2017 lalu.

Menurutnya keberadaan rute penerbangan maskapai plat merah itu harus memperoleh dukungan dari berbagai pihak mulai dari kebijakan hingga pengembangan iklim industri termasuk sektor kepariwisataan.

"Iklim industri di Selayar harus tumbuh dengan baik. Orang ke Selayar tentu bertujuan bisnis, wisata, kunjungan keluarga, dan aktifitas lainnya. Jika sektor pariwisata jadi andalan, itulah yang harus digarap secara serius," ujar Bambang.

Hal sama juga disampaikan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel, Andi Januar Jaury Darwis. Menurutnya ketika pemerintah daerah berupaya mengoptimalkan kunjungan wisata ke destinasi Selayar. Sebaiknya upaya itu diimbangi dengan kebijakan ekonomi otoritas lokal untuk mendorong perputaran ekonomi daerah.

"Perputaran ekonomi daerah yang berimplikasi pada perjalanan bisnis serta korporasi antara masyarakat di Selayar dengan pihak lain seperti sektor perikanan. Sektor ini telah menjadi salah satu unggulan untuk mengimbangi terjadinya low season kunjungan wisatawan," ujarnya

Dia meminta agar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bisa menggali potensi perkembangan ekonomi di daerah itu melalui strategi memanfaatkan potensi perikanan dan hasil bumi seperti kopra dan komoditas unggulan lainnya. "Atas strategy Pak Bupati akan memunculkan komoditas hasil bumi semisal kopra dan komoditas lainnya yang akan mendorong dengan menggunakan jasa transportasi udara," sarannya.

Adanya pembukaan rute baru Garuda ke Selayar, lanjutnya membutuhkan kebijakan otoritas pemerintah daerah setempat dalam menjaga tingkat keterisian maskapai plat merah itu tetap stabil.

"Pembukaan rute Garuda untuk Selayar merupakan berita gembira bagi Sulsel secara umum dan Selayar secara khusus. Namun tantangan tetap saja membentang di depan saat menjaga ritme Load Factor yang masuk dan keluar dari daerah itu," ujarnya.

Selain itu, dia menambahkan diperlukan sinergitas kebijakan dari semua pihak terkait, utamanya kebijakan lokal, regional, domestik, bahkan global. "Stakeholder di Makassar perlu menjadikan Selayar sebagai salah satu sajian informasi dengan objek daya tarik utama. Sehingga status hub Makassar benar-benar terwujud dalam program Makassar and Beyond yang selama ini dikembangkan Pemkot Makassar," kata dia.

Foto: Int.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: