News

Riau menjadi Tuan Rumah Puncak Hakteknas ke-23

Riau menjadi Tuan Rumah Puncak Hakteknas ke-23

Kabar Makassar, Riau-- Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23 yang akan di pusatkan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada tanggal 10 Agustus 2018, Tim Kemenristekdikti yang dipimpin Direktur Sistem Inovasi Dr. Ir. Ophirtus Sumule, DEA mengadakan rapat koordinasi dengan Pemprov Riau yang diwakili Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi di ruang rapat Kenanga Kantor Gubernur Provinsi Riau, Senin 09 Oktober 2017.

Rapat koordinasi yang membahas urgensi penyelenggaraan Hakteknas, format kepanitiaan nasional dan daerah, rangkaian kegiatan dan tempat pelaksanaan Hakteknas, dihadiri unsur SKPD Pemprov Riau, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Muhammadyah Riau, Politeknik Caltex, dan Politeknik Bengkalis.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan sebagai tuan rumah, Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, dalam sambutannya secara khusus meminta kepada semua unsur SKPD dan Perguruan Tinggi yang terlibat dalam kepanitiaan daerah dapat berkoordinasi secara efektif untuk mempersiapkan penyelenggaraan Hakteknas ke-23 dengan baik dan pada rapat-rapat koordinasi selanjutnya akan mengundang lebih banyak partisipan termasuk kalangan industri, perhotelan, pariwisata, usaha kreatif, transportasi, kuliner, Pemkab/Pemkot agar dapat berkontribusi dengan optimal.

Ophirtus Sumule menjelaskan bahwa tema Hakteknas ke-23 tahun 2018 adalah “Pangan dan Energi” sesuai dengan predikat Riau sebagai salah satu lumbung energi nasional dan penyanggah utama kebutuhan pangan di Pulau Sumatera. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Kepres No. 71/1995.

Akar sejarah kebangkitan teknologi nasional berawal dari keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-250 GATOTKACA pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa ini menjadi bukti nyata bahwa sejak dua dekade yang lalu, bangsa kita telah mampu mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif sejajar dengan bangsa maju lainnya.

Selanjutnya, Ophirtus berharap kepada semua elemen perguruan tinggi di Riau untuk berperan optimal menyukseskan peringatan Hakteknas ke-23, khususnya pelaksanaan 20 lebih kegiatan ilmiah nasional dan internasional.

Dr. Kamsol, Kasubdit Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristekdikti, menjelaskan bahwa pemilihan Provinsi Riau sebagai lokasi pelaksanaan hari puncak Hakteknas ke-23 karena Riau dinilai sukses mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) hingga memperoleh anugerah Budhipura tahun 2017 yang diterima oleh Bapak Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada pelaksanaan hari puncak Hakteknas ke-22 di Makassar 2017 yang lalu.

Tim Kemenristekdikti: Ophirtus Sumule, Kamsol, Bahran Andang, Eka Gandara, Nurhansyah Harahap dan Amos Pasorong didampingi Kabalitbangda Pemprov Riau Dra. Arbaini, MT dan staf juga berkesempatan meninjau beberapa alternatif lokasi pelaksanaan hari puncak dan pameran Ritech diantaranya Gelanggang Remaja dan Lapangan Bandar Serai (purna MTQ) Pekanbaru.

Sumber: Direktorat Sistem Inovasi Kemenristekdikti
Foto: Dari kiri: Dra. Arbaini, MT, Ahmad Hijazi, M.Si, Dr. Ophirtus Sumule & Dr. Kamsol

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close