Ratusan Cakades di Bulukumba Janji Siap Kalah dan Siap Menang

225 Cakades dari 64 desa di Bulukumba menandatangani deklarasi damai siap kalah dan siap menang, di lapangan Pemuda Bulukumba, Selasa (3/3). (IST)

KabarMakassar.com — Sebanyak 225 calon kepala desa (Cakades) dari 64 desa yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bulukumba pada 5 Maret mendatang, mendeklarasikan diri untuk siap kalah dan siap menang pada Apel Deklarasi Pilkades Damai yang digelar di Lapangan Pemuda Bulukumba, Selasa (3/3).

Pernyataan tersebut dituangkan dalam perjanjian deklarasi damai yang ditandatangani seluruh Cakades, Bupati, Kapolres, dan Dandim 1411 Bulukumba.

Selain itu, ratusan Cakades itu juga bersepakat untuk mematuhi dan melaksanakan setiap tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab, demi terselenggaranya Pilkades di Kabupaten Bulukumba secara demokratis yang lebih baik.

Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali yang memimpin jalannya tersebut dalam arahannya berharap Pilkaddes serentak di Kabupaten Bulukumba bisa berjalan kondusif tanpa intimidasi dan kekerasan.

“Saya harapkan Pilkades ini berjalan kondusif, dan bukan Pilkades yang menonjolkan intimidasi dan kekerasan, baik kepada para pemilih maupun para calon kepala desa,” kata Sukri.

Sebelumnya, Kapolres Bulukumba AKBP Gani Alamsyah Hatta menyampaikan, Polres Bulukumba telah melakukan upaya antisipasi adanya kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban maupun politik uang (money politic) pada pelaksanaan Pilkades seerentak di Kabupaten Bulukumba.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menyebar personel intelijen ke 64 desa yang akan menggelar Pilkades, untuk mencari informasi terkait kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas.

“Selain personel intelkam, kami juga akan melibatkan 250 personel Sabhara dari Polres Bulukumba dan 2 peleton Brimob Polda Sulsel,” terang Kapolres Bulukumba, AKBP Gani Alamsyah Hatta, Kamis (27/2) lalu.

Gani meminta agar para calon kepala desa di Kabupaten Bulukumba tidak melakukan upaya-upaya kampanye dengan cara-cara curang yang bisa memicu terjadinya gangguan kamtibmas.

Mantan Kapolres Takalar itu menegaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu jika menemukan terjadinya money politic atau kecurangan apapun menjelang Pilkades serentak di wilayah hukum Polres Bulukumba.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bulukumba yang mendapatkan pelaku melakukan money politic atau bentuk kecurangan apapun itu agar kiranya melaporkannya. Dan pasti kita tahu siapa-siapa pelakunya karena kami sudah ada sejumlah personel intelkam yang kita sebar,” tegasnya.

Reporter :

Editor :

Muh.Nur Alim M

Daus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI