Ragam Fasilitas Pelindo Makassar Tunjang Kenyamanan Penumpang

Ragam Fasilitas Pelindo Makassar Tunjang Kenyamanan Penumpang

Ragam Fasilitas Pelindo Makassar Tunjang Kenyamanan Penumpang

Kabar Makassar----- Meningkatnya jumlah penumpang kapal laut jelang Hari Raya Lebaran tahun ini, PT Pelindo IV Cabang Makassar akhirnya merampungkan banyak renovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan.

Asisten Manager Hukum dan Humas Pelindo Cabang Makassar, Anna Maryani, mengatakan, terdapat beberapa hasil renovasi yang telah rampung di antaranya penataan kaki lima ke terminal dua, penggunaan teknologi connecting bridge, dan pengamanan melalui pantauan CCTV.

"Di terminal dua yang ditempati kaki lima sekaligus menjadi arus penumpang untuk naik ke kapal. Itu sudah tertata yang tadinya di pinggir jalan itu sudah bagus, jadi setiap penumpang pasti akan lewat sana, jadi dijamin dagangan mereka tetap laku," ujarnya. Sabtu, 17 Juni 2017.

Khusus untuk penggunaan connecting bridge, teknologi satu ini digunakan untuk memindai barang penumpang dengan kapasitas tertentu untuk dinaikkan di atas kapal, yakni dengan berat batas 25 kg.

"Jadi bagi penumpang yang barang bawaannya lebih dari 25 kg, kita minta mereka menunggu dulu untuk didata sama importir baru diperbolehkan lewat, sementara barang yang di bawah dari itu bisa langsung dibawa masuk," jelas Anna.

Penggunaan teknologi tersebut dimaksudkan untuk memudahkan jalannya arus penumpang kapal, sehingga tidak ada lagi yang berdesak-desakan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal, Anna menjelaskan bahwa pihaknya telah memasang CCTV di kedua terminal.

"Kita sudah ada CCTV di 20 titik di terminal satu, sementara di terminal dua ada 16 titik CCTV," katanya.

Bahkan, untuk menjaga keamanan, Pelindo IV melibatkan Polres, Polsek hingga anjing pelacak yang ditempatkan di posko terpadu.

Selain itu, untuk memberi kenyamanan bagi penumpang, Anna mengaku pihaknya telah merampungkan penambahan fasilitas pelayanan seperti ruang menyusui, ruang shalat, ruang VIP, tempat charger untuk HP, hingha keran air siap minum.

Diketahui, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Makassar untuk meninjau langsung armada penyedia angkutan laut bagi penumpang jelang hari raya Lebaran 1438 H atau 2017 M.

Penulis : Marwah

Redaksi

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close