Puncak Arus Musik di Pelabuhan Makassar Diprediksi H-4

Posko Angkutan Lebaran 2017 di Pelindo IV Cabang Makassar. Sabtu, 17 Juni 2017.

Kabar Makassar— Memasuki H-6 lebaran Idul Fitri 2017 atau 1438 Hijriah, sudah banyak warga di Makassar Sulawesi Selatan yang sudah mulai bersiap-siap mudik bahkan sebagian sudah mudik lebaran lebih awal baik menggunakan transportasi darat, udara maupun laut.

Seperti di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar sejak beberapa hari lalu penumpang sudah memadati pelabuhan.

Data dari PT Pelindo IV, sudah ada lonjakan jumlah penumpang sejak H-14 lalu. Adapun jumlah peningkatan yakni mencapai 30 hingga 40 persen dibandingkan tahun lalu.

Baca juga :   Berita Foto : Adu Tangkas Roda Tiga

Sejumlah persiapan dan pembenahan fasilitas menghadapi arus mudik di Pelabuhan Makassar juga sudah dilakukan diantaranya pendirian posko terpadu di Kawasan Pelabuhan.

Di posko ini calon penumpang bisa mencari informasi mengenai kedatangan dan keberangkatan kapal. Selain itu juga ada petugas pengamanan maupun medis yang disiagakan jika penumpang membutuhkan bantuan.

Untuk memaksimalkan pengamanan, di posko ini juga ada layar monitor kamera pengintai atau CCTV.

Kamera pengintai ini akan memonitoring pergerakan penumpang dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal.

Baca juga :   Meski Mengaku Lalai, Keluarga Allea Berharap Clarion Lebih Aman

“Sudah meningkat sejak H-14 peningkatan sudah 30 sampai 40 persen dibanding tahun lalu, puncak arus mudik mungkin H min empat,” Kata Anna Maryani Assisten Manager Bidang Hukum dan Humas PT. Pelindo IV.

Pihak Pelindo Cabang Makassar memprediksi tahun ini akan ada lonjakan penumpang saat mudik lebaran sekitar enam persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada musim mudik tahun lalu hingga H-3 lebaran penumpang yang naik dan turun di pelabuhan Makassar mencapai kurang lebih 107 ribu orang.

Baca juga :   BNNP Mencatat, Pengguna Narkoba Kebanyakan Dari Usia Produktif

Sementara tahun ini diperkirakan jumlah penumpang mudik akan mencapai 114 ribu orang.

Penulis: Baba Duppa
Editor: Dim