News

PTN Dengan Akreditasi A, SYL Himbau Agar Seluruh Civitas Mengikuti Perkembangan

PTN Dengan Akreditasi A, SYL Himbau Agar Seluruh Civitas Mengikuti Perkembangan

Kabar Makassar --- Pada Dies Natalis UNM Ke-56, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta agar dosen dan mahasiswa (civitas akademika) kampus yang dulu bernama IKIP Ujungpandang ini bisa mengikuti perkembangan zaman.

"Dosen dan mahasiswa harus mengikuti perkembangan era kekinian jangan sampai perguruan tinggi lima tahun lalu sama dengan sekarang atau lima tahun ke depan. Tidak boleh ketinggalan zaman, termasuk di bidang akademik, setiap saat terjadi perubahan," kata Syahrul YL. Selasa, 1 Agustus 2017.

Lebih lanjut, Syahrul YL mengatakan bahwa pada saat ini perubahan terlebih di bidang teknologi terjadi dan berkembang begitu cepat, sehingga inovasi-inovasi sangat diperlukan di bidang pendidikan.

Terlebih saat ini wilayah Sulsel disebutkan juga mengikuti perkembangan zaman melalui berbagai program yang diluncurkan e-government dan aplikasi ePanrita yang merupakan sebuah aplikasi pendidikan yang memiliki banyak fitur-fitur dan berfungsi memantau perkembangan aktivitas mengajar guru serta belajar siswa.

Sementara itu, Rapat Sidang Senat Terbuka pada Dies Natalis (hari jadi) dibuka oleh Rektor UNM, dalam laporan tahunannya menyebutkan bahwa di tahun 2017 untuk pertama kalinya kampus yang dipimpinnya memperoleh status akreditasi A.

"Setelah bertahun-tahun kampus kita berstatus akreditasi C, dan lima tahun terakhir dengan predikat akreditasi B, akhirnya ditahun 2017 ini kampus ini dapat memperoleh akreditasi A," sebut Husain.

Perolehan akreditasi A ini berlaku hingga tahun 2022 dan menempatkan UNM sebagai universitas ke-dua di Indonesia bagian timur setelah Universitas Hasanuddin.

Saat ini UNM memiliki 85 program studi (prodi). Prodi dengan akreditasi A berjumlah 14 prodi, akreditasi B berjumlah 65 prodi dan sisanya berakreditasi C dan beberapa prodi yang baru dibuka tahun ini.

Untuk peringkat Sumber Daya Manusia (SDM) tahun 2017 berada pada peringkat ke-4 dari 3.320 PTN/PTS di Indoensia. Jumlah dosen 886 orang.

Intan Ahmad selaku Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti menyampaikan orasi ilmiah terkait peluang dan tantangan perguruan tinggi di abad 21.

Hadir dalam Dies Natalis bertema "UNM untuk Pendidikan Berkualitas" ini diantaranya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel, anggota DPD RI Iqbal Parewangi dan anggota DPR RI Akbar Faisal.

Foto: Humas Pemprov Sulsel

Arini Wulandari

Journalist

Aktifis mahasiswi ini mulai aktif menulis sejak 2014 lalu. Kemampuan komunikasi personalnya di ekspresikan dalam bentuk karya jurnalistik.

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: