PSBB di Makassar Sudah Berjalan 12 Hari, Bantuan Sembako yang Tersalurkan Belum Sampai 50%

Juru Bicara Pemerintah Kota Makassar untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Ismail Hajiali. (IST)

KabarMakassar.com — Penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-29 yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Makassar sudah mencapai 33,89%. Dimana penyaluran bantuan itu dilakukan sejak 21 April lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Ismail Hajiali mengatakan jika berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Sosial Kota Makassar, total bantuan sembako yang telah tersalurkan sejumlah 20336 dari 60000 paket yang disiapkan.

Ia mengaku jika target pembagian sembako ini akan rampung sebelum hari raya idul fitri mendatang. “Kalau mau dipersentase kurang lebih 30% yah. Diselesaikan 60 ribu itu sampai tersedianya juga sembako itu, yah diusahakan sebelum lebaranlah,” kata Ismail Hajiali, Sealasa (5/5)

Menurutnya salah satu faktor yang menjadi penghambat pada pendistribusian bantuan sosial tersebut yakni adanya keterbatasan bahan yang menjadi isian dari paket yang akan dibagikan nantunya.

“Kendalanya itu kita yang mau beli barang tapi tidak cukup ketersediaan kalau beras dengan gula aman, mie instan juga, kalau itu tiga ini tidak masalah karena ketersediaannya kita sanggupi. Yang lainnya seperti ikan kaleng dan minyak ini rata-rata impor, jadi kendala” jelasnya.

Selain itu, kata dia, faktor lainn yang juga disinyalir sebagai kendala dalam proses pendistribusian adalah kurangnya tenaga dalam pengepakan paket.

“Butuh pengepakan, butuh tenaga kerja baru kan sekarang pembatasan sosial yah, katakanlah penyedia yang menangani pengadaannya ini kan butuh orang,” ujarnya.

Meski demikian, ia memastikan proses pendistribusian bantuan ini akan tetap dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar semaksimal mungkin agar target dapat terpenuhi.

Karena itu, ia memastikan jika data 60000 paket itu bukanlah data paten. Karena, data itu bisa jadi akan berubah atau terjadi penambahan jika dibutuhkan.

“Itu bukan data paten, kami itu menyiapkan 70 ribu jadi tidak usah panik, jadi sampaikan masyarakat jangan mi ki panik, tunggu pemerintah akan menyelesaikan apa yang menjadi kewajibannya,” pungkasnya.

Diketahui, berikut rincian pembagian bantuan sembako per kecamatan, Biringkanaya 1539 paket, Bontoala 1384 paket, Makassar 1289 paket, Mamajang 734 paket, Manggala 790 paket, Mariso 1324 paket, Tamalanrea 1249, Panakukang 1375 paket, Tallo 1584 paket, Rappocini 3454 paket, Tamalate 1205 paket, Wajo 913 paket, Ujung pandang 862 paket, Ujung Tanah 1320 paket, Sangkarrang 1314 paket.

Reporter :

Editor :

Herlin

Sofyan Basri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on print
Print

REKOMENDASI