News

Pro Kontra Film G30SPKI

Pro Kontra Film G30SPKI

Kabar Makassar-- Material lisan, tulisan, video tentang G30S/PKI memang banyak di jagad maya. Membaca, mendengar, menontonnya bebas. Tidak ada larangan! Tapi bukan itu persoalannya.

Persoalannya adalah di mana fungsi Negara untuk mengarusutamakan (mainstreaming) mengenai bahayanya itu PKI dan ideologi yang menyertainya. Memutar film tentang pemberontakan PKI melalui Gerakan 30 September-nya adalah salah satu cara mengarusutamakan hal itu.

Di antara milyaran material informasi di jagad maya dan di jagad nyata harus ada yang memilahkan dan menyajikan kepada masyarakat. Dan di situlah fungsi Negara.

Kalau ada unsur penyelenggara Negara yang "lalai" mengarusutamakan hal itu, unsur penyelenggara Negara lainnya WAJIB menjalankan upaya tersebut. Karena ini demi Negara.

Demi Negara yang dulu pernah hampir diobrak-abrik Dasar Negara-nya. Unsur-unsur Penyelenggara Negara (yang sedang memerintah) BUKAN-lah Negara itu sendiri. Jika ada unsur yang lalai, maka unsur lain harus "mengingatkan" dan ambil inisiatif menjalankan (upaya mainstreaming).

ANteve saja bisa me-mainstream jalan cerita kisah hayal dari India. Masa' Negara kalah dari ANteve?

Penulis: Canny Watae

Redaksi

Related Articles

Close
Close

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Close

Close
%d bloggers like this: