Potensi Kerjasama Victoria dan Makassar dalam Bidang Pariwisata

Pantai Losari, sebagai salah satu tempat wisata yang tekenal dengan keindahan senjanya di Makassar. [Sumber: Aneka Tempat Wisata]

Kabar Makassar—– Beribu kotakan Melbourne, Victoria adalah negara bagian terkecil di benua Kanguru. Luas wilayahnya hanya tiga persen dari luas keseluruhan Australia. Tapi walaupun dengan luas wilayah yang kecil, Victoria mampu memberikan kontribusi sebesar 22 persen untuk pertumbuhan ekonomi untuk Australia sendiri.

Peran Pemerintah dalam hal perkembangan ekonomi di Victoria menjadi muara utama dalam kesuksesan, negara bagian ini bisa menunjukkan sejumlah potensi yang mengagumkan. Jika dalam presentase pendapatan saja bisa disetarakan dengan Singapura dan Hongkong.

Pengelolaan sumber daya alam, pariwisata, produktifitas pangan, dan teknologi menjadi andalan utama Victoria dalam menjalankan roda perekonomian. Tidak hanya mengedepankan perekonomian semata Victoria juga sangat mumpuni dalam bidang pendidikan. Beberapa Universitas di Victoria masuk dalam jajaran 40 dan 100 Universitas terbaik di dunia.

Dalam acara Buka Puasa Bersama yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerjasama dengan Konsulat Jendral Australia di Makassar, Mr. Brett Stevens sebagai Komisioner untuk Asia Tenggara perwakilan dari Pemerintahan Victoria, berkesempatan untuk mempresentasekan Victoria. Dia melihat potensi yang bagus di Sulawesi Selatan terutama Makassar dalam perkembangan pariwisata.

Baca juga :   Rekomendasi Pilwali dari Parpol Untuk Danny Bersyarat

“Pariwisata adalah bidang yang sangat berpotensi dalam pengembangan kerjasama antara Australia dan Indonesia yang melibatkan antar masyarakat,“ ungkap Mr. Richard Mathews, Konsulat Jendral Australia di Makassar dalam pembukaan acara buka puasa bersama yang bertempat di Four Points by Sheraton Hotel Makassar pada tanggal 13 Juni 2017.

Dalam hal pengembangan pariwisata memang dibutuhkan banyak pihak, terutama masayarakat yang tinggal dalam kawasan pariwisata untuk dapat memiliki kesadaran serta ikut berperan menciptakan suasana kondusif dan terpelihara.

Melihat potensi yang besar pada bidang pariwisata di Sulawesi Selatan, Konsulat Jendral Australia yang berada di Makassar akan mengadakan suatu program bagi tokoh-tokoh Makassar yang berkecimpung di bidang Pariwisata. Program ini direncanakan bekerjasama dengan Politeknik Pariwisata Makassar yang akan menjadi wadah pembekalan untuk pengembangan bidang pariwisata di Sulawesi Selatan yang berkelanjutan.

Baca juga :   Air Tidak Mengalir, Warga Blokade Jalan

“Program yang akan kita coba jalankan adalah mendatangkan orang-orang dari institusi yang berpengalaman dalam bidang kepariwisataan yang berada di Victoria untuk bisa berbagi di Makassar tentang bagaimana cara mengelola dan mengembangkan kepariwisataan di Sulawesi Selatan,” Ucap Mr. Brett Stevens dalam sela-sela sesi tanya jawab pada pemaparannya tentang Victoria.

Victoria juga terkenal dalam hal pengelolaan kepariwisataannya yang bersinergi dan seimbang dengan alam. Luas wilayah yang kecil mampu membuat Victoria menjadi negara bagian yang kreatif dalam pengelolaan potensi mereka. Tidak heran banyak pelajar internasional menempuh pendidikan di sana. Tercatat sekitar 6000 orang siswa Indonesia tengah belajar di perguruan-perguruan tinggi yang berada di Victoria.

Baca juga :   Berita Foto: Inovasi Terbaru Nestle Dancow Advanced Excelnutri Plus

“Kami sangat senang dengan karakteristik pelajar di Indonesia yang jika kembali dari Victoria mereka membangun negeri mereka dengan bekal pengetahuan yang telah mereka terima di sana,“ ungkap Mr. Brett, yang dalam programnya nanti akan lebih berfokus kepada Sumber Daya Manusia di bidang kepariwisataan, terutama pelajar-pelajar Makassar yang memilih untuk meneruskan kuliah di bidang hospitality.

Penulis: Rahmat Latang Reppa
Editor: Dim