Jelang Pilkada 2020, Beberapa Event di Sulsel Akan Dimundurkan

Jelang Pilkada 2020, Beberapa Event di Sulsel Akan Dimundurkan
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Denny Irawan Saardi. (IST).

KabarMakassar.com-- Sejumlah event Pariwisata Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 akan diundur. Hal ini dikarenakan ada beberapa event Sulawesi Selatan yang bertepatan dengan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 12 kabupaten dan kota mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Denny Irawan mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan keringanan untuk memundurkan pelaksanaan event dari jadwal sebelumnya.

"Kemenpar memberikan keringanan pada daerah terutama yang masuk agenda event nasional, agar memundurkan waktunya karena masuk waktu pilkada,"ungkap Denny Irawan saat dikonfirmasi oleh Tim KabarMakassar.com, Selasa (12/11).

Beberapa waktu lalu, lanjut Denny dinas parawisata provinsi Sulawesi Selatan sempat membahas pelaksanaan pilkada serentak ini ketika melakukan persentasi di Jakarta. Pasalnya, pemilikada bukan hanya akan dilaksanakan di provinsi Sulsel saja, tetapi hampir seluruh daerah eventnya juga bertepatan dengan Pilkada.

"Solusinya melakukan pergeseran, memang persyaratannya waktu yang tidak boleh berubah. Cuma kondisinya yang ada seperti itu dan teman-teman khawatir berdampak pada kunjungan wisatawan," tambahnya.

Beberapa efent Sulsel yang berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada diantaranya Beautifull Malino Di Kabupaten Gowa, Toraja Internasional Festival (TIF) di Toraja, Maros Half Marathon, Bira Sunset Run, F8 Makassar, Event Budaya Toraja, Festival Phinisi, dan Festival Salo Karajae.

"Ini yang diberi keringanan yaitu pelaksanaannya berdekatan dengan pilkada, sedangkan yang awal-awal tahun tidak bergeser," paparnya.

Demikian itu, proses pilkada 2020 beberapa kabupaten dankota sudah mulai memasuki proses sosialisasi dan bimbingan teknis. Sedangkan proses pendaftaran pasangan calon Pilkada dilakukan pada 28 hingga 30 April 2020.

Sekedar diketahui, adapun proses penetapan pasangan calon, dilaksanakan setelah melakukan verifikasi, KPU akan mengumumkan penetapan pasangan calon kepala daerah pada bulan Juni mendatang.  Sementara pada tanggal 16 Juni hinghga 19 September 2020 akan dilakukan kampanye dan debat Publik Pilkada sedangkan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada 23 September.

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Supriadi Maud