Pengerjaan Rel Kereta Api Barru Rampung Sepanjang 44 Km

Pengerjaan Rel Kereta Api Barru Rampung Sepanjang 44 Km
Rel kereta api Barru yang telah selesai sepanjang 44 Km. (Int).

KabarMakassar.com -- Proyek Kereta Api Sulawesi Selatan yang mulai dikerjakan tahun 2015 yang sempat sempat tertunda, kini telah selesai untuk tahap I. Tahap I ini meliputi pembangunan rel Makassar-Pare-pare khususnya di Barru. Rel kereta api Barru yang telah selesai sepanjang 44 km. 

"Sudah hampir rampung," ucap Arinova G Utama, Kepala Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulawsi Selatan, Jumat (09/11). 

Ia menambahkan, pengoperasian secara resmi kereta api ini nantinya akan dilakukan jika semuanya sudah siap sarananya. 

"Jalurnya sudah siap, cuma memang untuk operasionalnya sejauh ini belum ada operator sarana kereta api nya, dan ini aturannya berada di pusat,"ujarnya. 

Mengenai penunjukan operator akan melalui proses lelang atau BUMN dan Swasta, Ia menyatakan bahwa itu menjadi kebijakan dari pusat.

"Kalau soal itu tergantung dari Direktorat Lalu Lintas, Ditjen KA. Kalau detilnya seperti apa saya kurang paham karena kami hanya mengurus prasarana,"tambahnya.

Pasalnya pengoperasian secara parsial jalur yang ada di Barru baru akan dioperasikan jika operator telah ada.

"Kalau operator sudah ada, maka akan dioperasikan secara parsial jalur yang ada di Kabupaten Barru. Sedangkan untuk jalur Pangkep-Maros sekitar 59 Km, saat ini pembebasan lahan terus dirampungkan agar pengerjaan konstruksi bisa segera dimulai dan diharapkan selesai akhir 2020."paparnya.

Kementerian Perhubungan saat ini melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam hal ini, Tim Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur (Satuan Kerja Pengembangan Perkeretaapian Makassar – Parepare) terus merampungkan pembebasan lahan di Dua Kabupaten yaitu Pangkep dan Maros. 

Sebelumnya sekretaris jendral perkeretaapian Zulmaefendi telah melakukan, pembayaran lahan di Maros. Ia membayarkan 5 bidang lahan untuk warga yang berada di Kabupaten Pangkep, dengan nilai Rp. 1.644.105.000, Rabu,(07/11) lalu. 

Pembayaran ini merupakan tahap awal untuk pembayaran lahan jalur KA Makassar – Parepare di Kabupaten Pangkep dan akan terus berlanjut.

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Prisatno