Ini Aplikasi Yang Dapat Membantu Anda Memblokir Nomor Asing

Kolaborasi Liputan6.com

Ini Aplikasi Yang Dapat Membantu Anda Memblokir Nomor Asing

KabarMakassar.com --- Kebijakan pemerintah untuk mewajibkan masyarakat Indonesia agar melakukan registrasi kartu SIM Prabayar dengan nomor identitas KTP dan KK mempunyai salah satu tujuan agar mengamankan nomor masyarakat, namun hal ini masih belum dapat mengatasi gangguan pesan singkat atau bahkan telpon dari nomor yang tidak anda kenal

Lantas, bagaimana cara memblokir panggilan maupun pesan singkat dari orang yang tidak anda dikenal?

Caranya mudah, selain memanfaatkan fitur telpon pintar anda yang dapat memblokir nomor yang anda tidak inginkan, anda juga dapat menginstal aplikasi-aplikasi pemblokir gangguan yang dilansir dari Liputan6.com. Berikut aplikasi-aplikasi tersebut:

1. Truecaller - Caller ID & Dialer

Aplikasi Truecaller, kamu bisa mengetahui siapa yang menghubungi dan memblokir telepon dan SMS masuk yang tak diinginkan, termasuk panggilan dan SMS dari telemarketing.

Dengan demikian, panggilan masuk dari telemarketer dan panggilan mengganggu lainnya yang dilaporkan sebagai spam akan otomatis diblokir.

Kamu juga bisa melaporkan nomor telepon yang kamu anggap sebagai spam, misalnya nomor stalker. Tidak hanya itu, dengan aplikasi Trucaller, kamu juga bisa mengetahui kapan teman kamu bisa dihubungi.

2. Calls Blacklist - Call Blocker

Seperti Truecaller, aplikasi Call Blacklist - Call Blocker bertugas memblokir panggilan dan SMS masuk yang tak diinginkan. Mereka yang menghubungi kamu dengan private number juga bisa langsung diblokir oleh aplikasi ini.

Ada beberapa fitur utama dalam aplikasi ini, misalnya memblokir sekumpulan nomor dengan angka depan tertentu, memblokir SMS dari nomor-nomor alfanumerik, hingga memblokir seluruh nomor telepon.

Menariknya kamu juga bisa membuat daftar nomor-nomor yang tidak dingin diblokir sehingga telepon dan SMS dari nomor-nomor tersebut tetap masuk.

3. Call Blocker Free Blacklist

Aplikasi Call Blocker Free Blacklist ini bertujuan untuk menghindari penggunanya dari nomor-nomor telepon yang tak diinginkan. Menariknya, aplikasi ini menawarkan konsumsi penyimpanan yang rendah, sehingga tak memakan memori smartphone kamu.

Ada beberapa fitur utama dalam aplikasi Call Blocker Free Blacklist ini, selain untuk memblokir panggilan dan SMS masuk, misalnya saja fitur Blacklist, di mana pengguna bisa membuat daftar kontak yang tak diinginkan, sehingga tiap ada panggilan atau SMS masuk dari nomor tersebut tak akan masuk ke smartphone kamu.

Fitur unggulan selanjutnya adalah Whitelist alias daftar putih, di mana pengguna bisa membuat daftar nomor yang tak ingin diblokir. Fitur selanjutnya adalah mendeteksi dan menghentikan telepon spam.

4. SMS Blocker

Aplikasi selanjutnya adalah SMS Blocker, sesuai namanya aplikasi ini bisa memblokir pesan singkat dan MMS yang tak diinginkan.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa otomatis memblokir pesan spam, sehingga inbox mereka bisa bebas dari spam. Kendati demikian, pesan-pesan yang sudah diblokir bisa dimasukkan ke folder kemudian menyimpannya kembali jika dibutuhkan.

Uniknya tidak ada jumlah maksimal pesan yang bisa diblokir, sebanyak apapun pesan spam yang masuk, kamu bisa tetap memblokirnya dengan aplikasi ini.

5. Mr. Number - Block Calls & Spam

Masih serupa dengan aplikasi-aplikasi di atas, aplikasi Mr. Number - Block Calls & Spam ini bisa memblokir panggilan yang tak diinginkan, mengidentifikasinya, hingga menghentikan panggilan dan SMS spam.

Pemblokiran pun tidak hanya bisa dilakukan pada nomor di satu negara melainkan nomor mengganggu yang berasal dari negara lain. Pengguna juga bisa melaporkan nomor telepon sehingga bisa memberitahukan ke pengguna lain bahwa nomor tersebut adalah nomor spam.

Selain aplikasi-aplikasi diatas, anda juga dapat melakukan cara manual dengan menggunakan fitur ponsel pintar anda dengan cara masuk ke pengaturan ponsel anda dan pilih keamanan lalu block, kemudian anda dapat memasukkan nomor yang anda ingin block.

Penulis :

Editor :