Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur Dengan Nyenyak

Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur Dengan Nyenyak

KabarMakassar.com--Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membuat si kecil tumbuh dengan optimal. Makanan yang mengandung zat penginduksi tidur seperti triptofan, melatonin dan serotonin sangat baik membantu si kecil tidur dengan nyenyak. Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi oleh si kecil.

Berikut ini makanan yang bisa bantu si kecil tidur nyenyak:

1.Nasi
Nasi biasanya tidak dianjurkan untuk malam malam karena membuat Anda merasa terlalu kenyang dan bisa tingkatkan berat badan. Namun, jika si kecil memiliki masalah dengan pola tidur, anak-anak bisa diberikan nasi ketika makan malam. Nasi mengandung karbohidrat yang bisa memberikan energi dengan cepat sehingga tubuh yang sangat lelah bisa dibantu relaksasi dan menginduksi tidur.

2.Walnut
Jenis kacang ini dikenal sebagai salah satu makanan yang bagus untuk otak. Ini juga dapat membantu turunkan berat badan. Walnut memiliki jumlah triptofan yang baik. Kacang ini bisa dijadikan camilan atau dikombinasikan dengan jenis kacang yang lain.

3.Nanas
Buah nanas ternyata dapat meningkatkan senyawa melatonin dibandingkan dengan pisang. Selain itu, buah nanas juga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga baik diberikan untuk si kecil agar dapat tidur dengan nyenyak. Nanas bisa diberikan dalam bentuk campuran puding atau es buah.

4.Anggur
Melatonin yang merupakan hormon pengatur tidur juga ada dalam anggur. Buah ini bisa dijadikan menjadi jus dan ditambahkan ke dalam salad buah. Selain rasanya enak, anggur juga tinggi akan nutrisi yakni antioksidan.

5.Makanan tinggi karbohidrat atau rendah protein
Beberapa ahli menyarankan bahwa kombinasi antara makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau rendah protein bisa membuat tidur lebih nyenyak. Efeknyapun lebih baik jika memiliki karbohidrat yang mengandung tryptophan. Kombinasi apel, selai kacang, keju, susu dan sereal bisa jadi pilihan.

 Anak-anak cenderung susah untuk tidur terutama siang hari. Agar waktu istirahatnya optimal, Anda bisa berikan makanan di atas.

[Nur Fadhilah Sophyan/BerbagaiSumber]

Penulis :

Editor :