Perusda
Bank SUlsel Bar

Tamu Undangan Menari dalam Acara Simakrama Open House

on 20/3/18 Oleh Lina Budi Astuti
Tamu Undangan Menari dalam Acara Simakrama Open House
Tamu undangan menari bersama dalam acara Simakrama Open House

KabarMakassar.com --- Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2018, masih dimeriahkan dengan adanya acara Simakrama Open House Perayaan Nyepi di Gedung Vyata Satya Karma Pura Giri Natha, Tamalanrea, Kota Makassar,  Selasa, 20 Maret 2018.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 tamu undangan, seperti Prof H M Nurdin Abdullah M.Agr (Cagub No urut 3), Ir H.Mohammad Ramdan Pomanto (Calon Walikota Mks No urut 2), Mayjen TNI Agus Surya Bakti (Pangdam XIV Hasanuddin) dan Pemuka Agama serta Budayawan di Kota Makassar.

Selain menampilakan sambutan-sambutan dari berbagai tamu undangan dan tarian serta lagu khas Bali, Tamu undangan juga di ajak menari keatas panggung mengikuti penari,yang mana dalam budaya bali tarian ini disebut tarian Joged Bumbung.

Joged Bumbung merupakan tari pergaulan di Bali. Biasanya dipentaskan dalam acara-acara sosial kemasyarakatan di Bali, tarian ini ditarikan oleh penari wanita, yang kemudian mencari pasangan pria dari para penonton untuk diajak menari bersama.

Beberapa tamu undagan dihampiri oleh penari dan diajak keatas panggung untuk menari bersama dengan penari dalam rangka memeriahkan acara Simakrama Open House ini.

Bali yang kental akan adat istiadat serta agamanya adalah salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas Indonesia, Irsan Nur Jatan salah satu budayawan dikota Makassar mengungkapkan, harus menjaga budaya Bali ini dan saling bertoleransi agar dapat berjalan bersama di lingkup masyarakat kita.

"Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang lekat dengan budayanya, Bali tidak boleh hilang dari tanah air ini, hilangnya Bali berarti hilangnya kebudayaan yang unik dalam Indonesia ini" ungkap Prof Irsan Nur Jatan selaku salah satu budayawan di Kota Makassar.