PDAM Makassar Jajaki Kerjasama Kota di Spanyol

Kerjasama Luar Negeri

PDAM Makassar Jajaki Kerjasama Kota di Spanyol

KabarMakassar.com --- PDAM Kota MAkassar kembali membuka peluang dalam mengembangkan kerjasama dalam melayani kebutuhan air Kota Makassar.

Hal ini dibuktikan melalui kunjungan delegasi Komisi Eropa ke kantor PDAM Kota Makassar hari ini, Kamis, 25 Januari 2018.

Kunjungan ini merupakan kunjungan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama Sister City Makassar-Sevilla yang telah diresmikan kedua pemerintah kota pada November tahun lalu.

"Kami ucapkan selamat datang kepada delegasi terkhusus dari Kota Sevilla untuk bisa bekerjasama dengan kami," salah satunya dalam pengelolaan limbah cair hasil dari penggunaan air PDAM," ungkap Haris Yasin Limpo, Direktur Utama PDAM Kota Makassar.

Kunjungan ini dimulai dari pukul 09:00 Pagi dan diawali dengan presentasi potensi dan kinerja PDAM Kota Makassar dan Perusahaan  Air Kota Sevilla. Kunjungan ini dihadiri oleh Dario Maurino, Kepala Perusahaan Air Sevilla EMASESA. Dario mengungkapkan bahwa Sevilla merupakan kota terbaik di Spanyol dalam mengelola air.

EMASESA sebagai perusahaan air Kota Sevilla yang telah berdiri pada tahun 1974 dan telah menyediakan pelayanan air bersih untuk masyarakat selama 4 dekade mempunyai potensi tersendiri dalam menjalin kerjasama luar negeri.

EMASESA telah menjalin kerjasama operasi berbasis air (Water Operation Partnerships) dengan berbagai negara seperti Honduras dan Indonesia.

"Dirut PDAM sendiri telah diserahkan tanggung jawab oleh walikota dalam ketahanan air, untuk itu kita membutuhkan kerjasama berbagai pihak," tambah Dirut PDAM Makassar setelah memberikan presentasi terkait kinerja PDAM Kota Makassar kepada delegasi Kota Sevilla.

Dario Maurino menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari sister city yang telah ditandatangani kedua kota dan mempunyai tujuan utama dari untuk menemukan proyek kerjasama di masa depan bagi kedua pihak.

"Dirut PDAM Makassar telah berbicara mengenai Water losses (kerugian akibat kehilangan air), jadi saya pikir ini adalah hal penting yang harus dibahas kedepannya dalam menjalankan kerjasama dengan mereka," ungkap Dario.

Dario Maurino menambahkan delegasi Sevilla akan melakukan peninjauan dengan berkunjung keberbagai tempat Kota Makassar dalam melihat kinerja PDAM Makassar guna mencari potensi kerjasama dan akan memberikan laporan kepada Komisi Eropa dalam membantu berjalannya kerjasama di masa depan.

Kunjungan perwakilan Kota Sevilla ini juga dihadiri oleh Pablo Gandara Direktur World Cities Project of the European Union, Esperanza Caro Gomez Dirjen Ekonomi dan Perdagangan Seville City Council, Luis Perez Diaz Director for Innovation Seville Cartuja Science & Technology Park, dan Diego Gil selaku Direktur Andalucia Smart city Cluster.

Pertemuan ini juga menjadi kunjungan pertama dari pihak Kota Sevilla setelah Kota Makassar melakukan kunjungan sebelumnya pada 16 November 2017 di Kota Sevilla, Spanyol.

Penulis :

Editor :