Sakit Maag Saat Diet, Gunakan 3 Tips Ini

Sakit Maag Saat Diet, Gunakan 3 Tips Ini

KabarMakassar.com --- Mulas adalah kondisi umum yang terjadi ketika esofagus teriritasi oleh naiknya gas dari perut. Penyebabnya termasuk pola makan yang buruk, stres, dan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok.

Sakit maag, atau gangguan pencernaan asam, adalah salah satu penyakit paling umum di dunia. Seperti namanya, gangguan pencernaan asam terjadi dengan adanya asam lambung. 

Kondisi ini terutama ditandai oleh ketidaknyamanan dan sensasi terbakar di sekitar kerongkongan. Meskipun masalahnya berasal dari perut, itu bermanifestasi di bagian atas pembukaan perut.

Untuk menemukan area yang terkena mulas dengan tepat, gunakan sternum bagian atas sebagai titik referensi. Jika ketidaknyamanan Anda berasal dari daerah itu, kemungkinan besar adalah sakit maag.

Singkatnya, asam pencernaan adalah iritasi kerongkongan yang berasal dari produksi gas perut. Meskipun sebagian besar kasus mulas terkait dengan diet, mereka juga umumnya disebabkan oleh, stres yang berlebihan, kehamilan, obat-obatan (beberapa), penggunaan tembakau, makanan yang mengiritasi lambung, makan berlebihan (pagi, siang, dan malam)

Dilangsir dari steptohealt, Minggu (25/03/2018) beriku tiga tips yang berkaitan dengan diet untuk menghindari dan mengobati sakit perut:

1. Waktu dan kuantitas

Salah satu faktor terpenting yang berhubungan dengan diet adalah waktu dan jumlah makanan yang Anda konsumsi. Banyak orang tidak tahu kapan dan berapa banyak makan makanan tertentu, terutama saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

Untuk menentukan waktu terbaik, pertimbangkan saat Anda berolahraga, pulang-pergi kerja, dan tidur. Anda harus makan porsi yang sesuai setidaknya dua jam sebelum masing-masing kegiatan ini.

Menyangkut jumlah, idealnya Anda harus menyebarkan kalori yang Anda butuhkan  dalam 6 porsi pilihan makanan yang seimbang sepanjang hari.

Mengingat kedua faktor di atas dapat membantu mencegah sakit maag.

2. Makan makanan sehat

Saran ini tidak hanya mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pola makan yang seimbang termasuk sayuran, ikan, dan makanan sejenis dapat membantu perut Anda.

Akibatnya, tidak perlu mengeluarkan asam apa pun. Selain itu, itu juga akan sangat menguntungkan proses pencernaan.

Anda juga harus berhenti mengonsumsi produk yang dapat merangsang produksi asam, seperti kopi, cokelat, cuka, buah, minuman ringan, jus jeruk, dan makanan yang digoreng.

Rencana makan yang baik untuk memerangi sakit maag harus mencakup makanan yang mendukung sistem pencernaan dan mengobati gas perut, seperti Yogurt, susu, dan keju. Versi skim produk susu ini harus dikonsumsi.

Telur, makan sekitar empat per minggu dapat membantu mengatur kadar kolesterol darah dan ketidakseimbangan asam.

Sayuran dianjurkan dalam diet. Namun, mereka tidak boleh dimakan mentah. Mereka harus dimasak atau direbus.

Ikan dan ayam adalah daging yang paling menguntungkan untuk sistem pencernaan ketika datang untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan asam. Disarankan agar ikan ditangkap secara liar. Selain itu, daging sapi ramping adalah pilihan terbaik untuk daging lainnya.

3. Pilih minuman Anda dengan bijak

Cairan sangat penting untuk proses pencernaan, dan tubuh dapat meresponsnya secara positif atau negatif.

Dalam kasus sakit maag, bahkan ada minuman yang bisa menyebabkannya. Dua contoh utama dari ini adalah minuman beralkohol dan minuman ringan.

Teh herbal dan jus buah non-citrus alami adalah alternatif yang sangat baik. Pastikan juga untuk minum dengan dua liter air per hari, karena sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Penulis :

Editor :