JK Sebut Penanggulangan Kemiskinan Bukan Hanya Dengan Memberi Subsidi

JK Sebut Penanggulangan Kemiskinan Bukan Hanya Dengan Memberi Subsidi
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto: Rudi Gunawan)

KabarMakassar.com-- Menanggulangi kemiskinan itu bukan hanya dilakukan dengan menyediakan subsidi. Akan tetapi bagaimana caranya pemerintah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat hal itu dikatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat berpidato dalam acara Penyampaian Laporan Akhir TNP2K di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (09/10/2019).

JK menjelaskan bahwa tingkat kemiskinan itu bisa diatur apabila pendapatan lebih kecil dari pengeluaran.

Ia mengumpamakan program kesehatan yang diberikan gratis oleh pemerintah. Ataupun penjualan beras yang harganya terjangkau. Di samping itu juga pemerintah berupaya untuk meningkatkan nominal upah minimum regional (UMR) untuk mensejahterahkan masyarakat.

Tugas dari masing-masing kementerian itulah yang akhirnya mendorong kesejahteraan masyarakat yang sama dengan menanggulangi kemiskinan.

"Semua menteri tentu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kesejahteraan maknanya penting," kata JK dikutip dari suara.com Rabu (09/10).

Lebih lanjut JK mengatakan, cara untuk menanggulangi kemiskinan bukan hanya dilakukan hanya dengan cara memberikan subsidi. Namun, justru penanggulangan itu bisa dilakukan oleh pemerintah memperbaiki berbagai sektor seperti membangun infrastruktur atau pun menjaga daya tingkat beli masyarakat.

"Itu artinya menjaga tingkat daya beli masyarakat atau malah meningkatkan daya beli masyarakat, itu juga menanggulangi kemiskinan," pungkasnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Supriadi Maud