Bone Undang Secara Adat Gubernur Hadiri HUT Ke-688

Mattompang Arajang, Pensucian Benda Pusaka Kerajaan

Bone Undang Secara Adat Gubernur Hadiri HUT Ke-688

Kabarmakassar.com,--MAKASSAR -- Dalam rangka memperingati hari jadi (HUT) ke-688 Kabupaten Bone yang puncak peringatannya jatuh pada 6 April mendatang. Pemerintah Kabupaten Bone mengundang Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk hadir. 

Undangan diantarkan langsung secara adat oleh Pejabat Semantara (Pjs) Bupati Bone A. Bakti Haruni bersama Forkopimda Bone kepada Gubernur, Kamis malam (22/3).

Mereka datang dengan berpakaian adat, musik dan lengkap dengan pengawal kerajaan. 

"Kami datang secara adat,  mengundang Pak Gubernur untuk hadir dalam rangkaian hari jadi Bone ke-688, kami harapkan,  Gubernur menyempatkan waktu diakhir masa jabatannya," kata Bakti. 

Bakti menambahkan sangat besar harapan masyarakat Bone agar Gubernur bisa hadir. Bersama-sama merayakan hari jadi kabupaten tempat kelahiran Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Serta menyempurnakan sepuluh tahun kebersamaan bersama masyarakata yang dipimpin oleh SYL. Diketahui, SYL akan mengakhir masa jabatannya 8 April mendatang. 

Pemerintah dan masyarakat Bone telah menyiapkan berbagai rangkaian acara. Sedangkan untuk Gubernur, terutama acara adat Mattompang Arajang atau mensucikan benda-benda pusaka kerajaan Bone yang akan dilaksanakan pada 3 April mendatang di Museum Arajang'E Kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone di Jalan Petta Ponggawae, Watampone. 

"Pak Gubernur datang lebih awal untuk menghadiri acara adat Mattompang Arajang, saat itulah kami melakukan kegiatan yang skala lebih besar," sebut Bakti. 

Di hari bersejarah tersebut, akan dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya, yaitu : pameran benda pusaka, pameran tempo doeloe, seminar kebudayaan, wisata kuliner, wisata budaya, gerak jalan santai, pramattompang Arajang, lomba olahraga tradisional, dan sidang paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bone.

Selain itu,  Bakti menyebutkan akan mengajak Gubernur untuk berkunjung ke objek wisata ke Tanjung Pallette. 

Sebelum menemui Gubernur, Bakti juga berziarah ke makam Raja Bone ke-15 La Tenritatta Sultan SaaduddinbArung Palakka yang terletak di di jalan Bonto Biraeng, Katangka, somba opu, Kabupaten Gowa.

Arung Palakka sendiri adalah Raja Bone ke-15 yang memerintah pada tahun 1672-1696 dikenal sebagai sosok pejuang Bugis, di mana Beliau mampu membebaskan rakyat Bugis dalam cengkeraman dan penjajahan kerajaan lain di masa lalu. Pada kesempatan ini, PjS Bupati Bone mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Gowa Adnan Purichta Iksan dalam acara tersebut.

Jum'at (23/3), juga akan dilakukan ziarah ke Makam Raja Bone ke-11 Latenri Ruwa Sultan Adam  Matinroe ri Bantaeng, yang memerintah pada tahun 1611-1616 di Kabupaten Bantaeng, kunjungan ini adalah bentuk penghormatan kepada para leluhur.(*)

Penulis :

Editor :