Kabut Asap Menyelimuti, Warga Antang: Kami Sudah Terbiasa

Kabut Asap Menyelimuti, Warga Antang: Kami Sudah Terbiasa
Kabut Asap Menyelimuti Ruas Jalan Kota Makassar, Senin (16/09). (Foto La Pitu Asera)

KabarMakassar.com— Asap tebal masih menyelimuti kawasan TPA Antang pasca kebakaran hebat Minggu (15/09). Akibatnya warga sekitar terkena dampak kabut asap yang menyengat selama beberapa hari terkahir setelah kejadian tersebut.

Data yang dihimpun dari Pemerintah Kota Makassar, ada empat zona, dari tujuh zona di TPA tersebut yang terbakar. Memang sudah sempat berhasil dipadamkan pada permukaan, tapi bagian bawahnya masih membara.

Dari kejadian ini, sebagian warga antang menganggap ini adalah hal yang sudah biasa dan mereka pun tetap untuk  beraktivitas seperti biasanya.

"Sudah biasa seperti ini, setiap tahun kebakaran. Kami sudah terbiasa masalah asap kebakaran ini" ungkap sorakan beberapa warga sekitar saat dikunjungi oleh berbagi pihak, Selasa, (17/09).

Sementara itu dr. H. Sri Zakiyah Usman, M.kes selaku Kapus PKM Tamangapa mengatakan bahwa baru ada 2 warga sekitar yang datang memeriksa kan kondisi tubuhnya terkait dampak asap yang ditimbulkannya dari kebakaran ini.

"Selama 3 hari ini baru 2 warga yang datang kesini. Semua rata-rata terserang ISPA, dari efek asap kebakaran ini. Penanganan yang bisa kita berikan yah masker dan obatnya" jelasnya.

Sri Zakiyah juga menghimbau agar warga tetap menggunakan masker dan lebih menjaga kesehatan.

"Sebisa mungkin untuk menghindari, jangan sampai terus menerus terpapar asap. Kalo memang tidak ada aktivitas, lebih baik didalam rumah saja dan selalu gunakan masker kemanapun" tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah setempat beserta aparat kepolisian dan TNI turut membagikan masker kepada warga agar dapat melakukan aktivitas.

Penulis : Eka Ratna Sari

Editor : Supriadi Maud