DLPH Sulsel Minta Tim Manggala Agni Membantu

DLPH Sulsel Minta Tim Manggala Agni Membantu
Sekretaris DPLH Sulsel, Andi Sarrafah bersama Tim Manggala Agni, dikerahkan Padamkan Kebakaran di TPA Tamangapa Antang.

KabarMakassar.com -- Asap yang terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan bukan karena kebakaran hutan dan lahan, melainkan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir sampah (TPA) Tamangapa, terbakar dan memasuki hari ketiga.

Pada kunjungannya Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Sulsel mengatakan bahwa masih banyak titik-titik api yang perlu dipadamkan, Selasa (17/9).

"Bukan asapnya yang pertama yah kita fikirkan tapi bagaimana cara memadamkannya, ini kan masih banyak titik-titik api yang saya liat," ungkap Andi Sarrafah. 

Sekdis DPLH ini juga memberikan arahan agar semua area TPA yang terkena kebakaran agar disiram secara terus menerus.

"Ini harus disiram terus menerus, karena semua yang ada asapnya itu berarti masih ada titik apinya dibawah, itu semua kan gas metan ditambah cuaca panas" tambahnya. 

Pihaknya telah meminta bantuan dari Tim Manggala Agni untuk mempercepat proses pemadaman api, guna mengurangi asap yang ditimbulkan.

"Kita sekarang ini bawa suntik gambut, untuk cara kerjanya nanti kita kordinasi dengan mobil pemadam agar cairan kita dimasukkan saja kedalam tangki pemadam. Kita juga ada mesin sendiri untuk membantu proses penyiraman," ungkap Ketua Tim Manggala Agni.

Persediaan cairan suntik gambut yang disediakan oleh Manggala Agni sebanyak 200 liter.

"Untuk daerah ini sendiri kita menyediakan 10 jerigen, untuk 1 jerigennya sendiri sekitar 10 liter. Biasanya kalo 1 tangki mobil damkar kita isi dengan 1 atau 1,5 jerigen" tutupnya.

Penulis : Eka Ratna Sari

Editor : Prisatno