Perusda
Bank SUlsel Bar

Tanda - Tanda Gula Darah Anda Terlalu Tinggi

on 18/3/18 Oleh Lina Budi Astuti
Tanda - Tanda Gula Darah Anda Terlalu Tinggi
Ilustrasi (ist.)

KabarMakassar.com --- Gula darah, atau glukosa, merupakan sumber energi utama bagi sel-sel di dalam tubuh. Jenis gula ini ditemukan dalam tepung, madu, wortel, dan nasi, dan makanan lainnya.

Energi ini membantu kita melakukan fungsi tubuh seperti pencernaan, jantung dan sinaps, serta lainnya. Gula yang ditemukan dalam darah kita harus dijaga antara 70 dan 110 mg / dL untuk memaksimalkan manfaatnya, tanpa konsekuensi kesehatan yang negatif.

Tingkat gula darah yang tinggi disebut hiperglikemia dan bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai organ. Kemudian jika gula darah Anda di atas 180 mg / dL itu didiagnosis sebagai diabetes mellitus. Penting untuk menjaga kondisi ini dalam pengawasan medis ketat, karena dapat menyebabkan banyak komplikasi.

Hiperglikemia adalah ketika kadar gula darah Anda di atas 140 mg / dL. Kondisi ini bisa terjadi karena Pankreas Anda mengalami masalah dalam menciptakan jumlah insulin yang tepat, dan tubuh tidak bisa menggunakan insulin dengan baik.

Hiperglikemia sulit dideteksi jika Anda tidak cukup memperhatikan, tapi selalu ada gejala. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan untuk mendapatkan diagnosis dini untuk setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Anda.

Berikut gejala yang perlu diwaspadai yang dilangsir dari berbagai sumber, Minggu (18/03/2018).

1. Polydipsia

adalah berupa rasa haus yang tidak berkesudahan, umumnya disertai dengan sensasi mulut kering. Penting untuk minum sebanyak mungkin air yang Anda butuhkan, karena inilah cara tubuh mengatur kadar gula darah.

Namun, Anda harus ingat bahwa masalahnya akan berlanjut sampai Anda menormalkan kadar gula darah Anda. Untuk membantu, sertakan beberapa aktivitas olahraga di hari Anda dan minum obat seperti yang ditunjukkan oleh dokter Anda.

2. Lesi kulit

Lesi kulit adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal, baik di permukaan atau di bawah permukaan kulit. Gula berlebih dalam darah Anda bisa menyebabkan munculnya lesi kulit, bekas kopi berwarna di kaki, memerah wajah, dan kulit kering. Kuku, telapak tangan, dan telapak kaki Anda juga bisa menjadi kuning.

Jika Anda melihat ada memar yang tampak dan sepertinya bertahan lebih lama dari biasanya, kunjungi dokter Anda sesegera mungkin. Jangan abaikan gejala ini, karena bisa merusak pembuluh darah Anda.

3. Perubahan suasana hati

Hiperglikemia dapat menyebabkan banyak perubahan dalam mood Anda, seperti sensitif atau depresi. Ada orang yang memiliki kecenderungan untuk menjadi pemarah, atau memiliki karakter yang lebih agresif, tapi jika itu bukan sesuatu yang biasa untuk Anda, ini bisa menjadi gejala.

Ingat bahwa emosi bergantung pada proses kimia di otak, dan proses ini dipengaruhi oleh kadar gula darah.

4. Lemas dan kantuk

Karena fakta bahwa sel Anda tidak mampu menyerap gula darah secara efisien, tingkat energi akan habis. Hal ini dapat mengakibatkan, Lemas, kelelahan, kantuk, bahkan pingsan.

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi Anda untuk mengonsumsi cukup banyak sayuran segar untuk mendapatkan vitamin dan mineral berkualitas tinggi. Jika masalahnya sangat serius, dokter Anda bisa memberi Anda beberapa suplemen.

5. Lambatnya penyembuhan luka

Hiperglikemia menyebabkan perubahan koagulasi yang parah. Hal ini menyebabkan masalah dengan kecepatan luka yang disembuhkan. Perubahan ini juga bisa menyebabkan munculnya hematoma atau memar.

Jika Anda memperhatikan bahwa ada luka yang membutuhkan waktu lama untuk menghentikan pendarahan, dan mereka tidak sembuh secepat normal, Anda perlu mengatasinya. Begitu Anda mendapatkan kontrol kadar gula darah Anda.

6. Masalah penglihatan

Vena dan pembuluh darah kecil di retina, makula, dan saraf optik dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat hiperglikemia. Diantara masalah yang dapat menyebabkan kerusakan ini adalah penglihatan kabur, bintik-bintik gelap di bidang penglihatanmu, sakit di sekitar mata, dan kesulitan memusatkan perhatian pada benda-benda dekat di sisi lateral penglihatan tepi.

Kunjungan rutin ke dokter mata dapat membantu mengidentifikasi masalah ini dan menghentikan kadar gula darah Anda semakin berlebihan.