Peninggalan Almarhum B.J Habibie Di Kota Kelahirannya di Parepare

Peninggalan Almarhum B.J Habibie Di Kota Kelahirannya di Parepare
Peninggalan dari keluarga BJ Habibie saat tinggal di Kota Parepare (Foto: Ardiansyah/KabarMakassar.com).

KabarMakassar.com -- Kenangan masa kecil almarhum B.J Habibie presiden ke-3 RI masih utuh di jalan Bau Masseppe, Kota Parepare Sulawesi Selatan. Dimulai dari kediaman rumah jabatan (Rujab) ayahnya Alwi Abdul Jalil Habibie yang saat itu bertugas sebagai Kepala Dinas Pertanian.

Berlanjut pula di rumah pribadi ayah B.J Habibie di jalan Bau Masseppe yang kini dihuni keluarga pejuang Usman Balo, nampak beberapa peninggalan seperti lemari, ranjang dan beberapa perabot lainnya masih utuh.

Saat ini rumah tersebut dihuni istri Usman Balo yakni Icha Hanisa. Ia bercerita jika saat itu rumah keluarga Habibie dijual kepada sahabat ayah BJ Habibie yakni Usman Balo dengan nilai "4 ribu dui' labba" atau 4 ribu uang lebar.

Transaksi pembelian dilakukan ibunda Habibie dan salahsatu anggota keluraganya di Surabaya, dimana saat itu keluarga Habibie hendak berpindah ke pulau Jawa. 


Penjaga rumah yang juga istri Usman Balo, Icha Hanisa mengaku sosok BJ Habibie sebagai pemuda yang santun. 

Ia juga menceritakan terkait masa kecilnya yang sempat bermain kelereng disamping rumah Usman Balo dengan teman masa kecilnya Lacabu.

"Ia sosok pemuda yang ramah dengan temannya, terakhir saya bertemu saat peresmian Monumen Habibie Ainun. Ia mengajak saya ke Jakarta," ujarnya.

istri Usman Balo, Icha mengungkapkan bela sungkawanya, "Atas nama keluarga kami berduka, sosok habibie sangat menginspirasi," singkatnya.

Bahkan Icha Hanisa menceritakan jika rumah peninggalan keluarga BJ Habibie kerap dikunjungi warga negara Jerman. 

"Banyak turis yang hanya lihat-lihat disini, dan memang ini rumah sangat bersejarah dan kini dijadikan museum peninggalan keluarga BJ Habibie," tambahnya.

(Ardiansyah/Sukardi)

Penulis : Ardiansyah

Editor : Fritz Wongkar