Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Kegiatan Customer Visit

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Kegiatan Customer Visit
Duta BPJS Kesehatan memastikan pelayanan kesehatan yang diperoleh oleh peserta JKN-KIS dan melakukan Customer Visit di Rumah Sakit.

KabarMakassar.com -- Salah satu langkah yang dilakukan oleh Duta BPJS Kesehatan dalam memastikan pelayanan kesehatan yang diperoleh oleh peserta JKN-KIS pada Rumah Sakit adalah melalui Customer Visit atau WTA (Walk Through Audit).

Kegiatan Customer Visit dirancang untuk interaksi secara tatap muka berupa kunjungan langsung kepada peserta guna meningkatkan kepuasan peserta. Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan tiap bulannya. 

Adapun tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi secara langsung kepada peserta di Rumah Sakit, melakukan koordinasi dengan petugas Rumah Sakit serta meminta feedback dari peserta terkait pelayanan kesehatan yang diterima melalui metode sampling.

Bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Pongtiku Kabupaten Toraja Utara, Petugas Pengaduan Informasi Peserta (PIPP) dan Verifikator BPJS Kesehatan Cabang Makale melakukan Customer Visit untuk mendapatkan feedback dari peserta selama mendapatkan pelayanan rawat inap di RSUD Pongtiku dengan berbekal formulir pengisian feedback kepuasan peserta.

Dalam kegiatan tersebut salah satu peserta yang dikunjungi adalah Mery Una. Mery adalah peserta PBI APBD yang dirawat pada kelas 3 dengan indikasi medis mengalami hipertensi. 

Menurut keterangannya, Mery merasa puas dengan pelayanan yang ia peroleh ketika mendapatkan perawatan selama 2 hari. 

“Di awal masuk kami tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya melakukan proses administrasi sesuai prosedur dan langsung mendapatkan kamar perawatan. Sementara untuk pelayanannya saya  merasa puas karena pelayanan petugas rumah sakit disini pun baik dan ramah. Petugas disini pun cukup tanggap ketika dibutuhkan”, ujar Mery. 

Dalam kesempatan tersebut petugas PIPP, Kusudarsani Firdaus juga menyampaikan jika terdapat keluhan ataupun masukan dari peserta agar segera disampaikan sehingga dapat diteruskan kepada pihak manajemen Rumah Sakit untuk segera ditindaklanjuti dengan tujuan supaya pelayanan kesehatan dapat berjalan sesuai dengan ketentuan. 

“Saya pribadi merasa senang dengan adanya kunjungan langsung dari pihak BPJS Kesehatan. Meskipun pelayanan yang saya terima baik akan tetapi kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi kami peserta KIS untuk menyampaikan aspirasi dan masukan langsung terkait pelayanan di Rumah Sakit. Saya mendukung kegiatan ini karena merupakan bentuk perhatian BPJS Kesehatan bagi kami peserta JKN – KIS dan berharap pelayanan makin baik kedepannya ”, tutup Mery.

Penulis : Redaksi

Editor : Prisatno