Pemprov Pertegas Kepemilikan Stadion Mattoanging

Pemprov Pertegas Kepemilikan Stadion Mattoanging
Kepala Biro Aset Pemprov Sulsel, Nurlina saat ditemui di ruang kerjanya.

KabarMakassar.com -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mempertegas kepemilikannya terhadap stadion Mattoanging. Selasa (10/9), pemerintah provinsi Sulsel melalui puluhan Satpol-PP mendatangi stadion Mattoanging dan memasang papan Bicara yang bertuliskan "Tanah Milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Berdasarkan sertifikat hal pakai Nomor 40 Tanggal 1 Oktober 1987".

Meskipun sempat mendapat penolakan dari Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS), akhirnya Satpol PP Pemprov Sulsel berhasil memasang dua buah papan bicara di kawasan Stadion Mattoanging. 
"Sudah ada 2 buah papan bicara yang kita pasang. Ini keputusan hasil rapat kita minggu lalu," kata Kepala Biro Aset Pemprov Sulsel, Nurlina saat ditemui di ruang kerjanya.

Kata Nurlina, Pemprov Sulsel melalui Satpol PP tetap harus memasang papan bicara di kawasan Stadion Mattoanging itu, sebab Pemprov Sulsel memiliki sertifikat hak pakai. 
"Itu jelas, ada di undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang agraria," tambahnya.

Kata Nurlina, proses ini sudah berjalan sangat panjang. Hingga pada akhirnya digelar rapat dengan Polda, JPN. Bahkan rapat dengan JPN itu juga, dihadiri oleh YOSS.

Apalagi ditegaskan Nurlina, KONI sudah mencabut izin pengelolaan stadion Mattoanging dari YOSS. Dan KONI, juga sudah menyerahkan sertifikat tersebut kepada Pemprov Sulsel.

"KONI juga sudah kembalikan ke Pemprov. Sudah ada SK-nya itu. Jadi SK penarikan dari YOSS, dan KONI serahkan ke Pemprov. Jadi ada 2 SK yang diserahkan," ujarnya.

Pemprov Sulsel juga lanjut Nurlina, tidak ingin ambil pusing atas sikap YOSS yang masih bersikeras ingin mengelola stadion tersebut.

"Silakan saja. (YOSS kalau mau menggugat) Biro Hukum sudah bilang, silakan saja," pungkasnya.

Sementara itu, kepala Satpol PP Sulsel mengungkapkan pengamanan tersebut dilakukan atas dasar kepemilikan sertifikat oleh pihak Pemprov

"Pengamanan ini kita lakukan atas dasar kepemilikannya Pemprov Sulsel," ungkap Mujiono Ia juga menambahkan pihaknya akan melakukan cara apapun untuk mengambil alih pengelolaan ini.

"Pihak Pemprov akan melakukan cara apapun untuk mengambil alih pengelolaan karena sudah ada bukti dan sejak dulu memang Mattoanging itu aset milik Pemprov," tutupnya.

Penulis : Herlin Sadid

Editor : Prisatno