Festival F8 Kembali Hadir, Pemkot Makassar Bukan Penyelenggara

Festival F8 Kembali Hadir, Pemkot Makassar Bukan Penyelenggara
Festival F8, [Foto: Twitter Richard Mathews @KonJenMakassar]

KabarMakassar.com -- Even berskala internasioanal yakni Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 kembali digelar setelah sebelumnya disampaikan Pemerintah Kota Makassar batal digelar.

Festival F8 digelar namun bukan lagi Pemerintah Kota Makassar sebagai penyelenggaranya, even yang ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata sebagai salah satu event dalam South Sulawesi Calender of Event Wonderful 2019 ini ditangani pihak swasta yakni dari PT Festival Delapan Indonesia.

Sebelumnya Pemkot Makassar melalui Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Kamelia Tantu mengatakan bahwa F8 tidak jadi dilaksanakan lantaran Pemerintah Kota Makassar yang saat ini dipimpin Iqbal Suhaeb, sedang melakukan rasionalisasi dan optimalisasi anggaran belanja daerah.

Kini PT Festival Delapan Indonesia mengambil alih even tersebut dan digelar pada 11-13 Oktober 2019. Meski tiga hari gelaran tersebut Direktur Utama PT Festival Delapan Indonesia, Sofyan Setiawan mengatakan jika target pengunjungya bisa hingga 1 juta orang yang hadir.

"Bisa sampai satu juta pengunjung dan itu sudah cukup banyak," kata Direktur PT Festival Delapan Indonesia, Sofyan Setiawan, Selasa (3/9).

Even yang kerap menggunakan anjungan pantai losari Makassar ini dipastikan akan menyiapkan tenant hingga 200 tenant UMKM, " dikondisikanlah nantinya, karena target hanya 1 juta pengunjung saja, ini hanya 3 hari saja," tambah Sofyan Setiawan.

Dikabarkan jika sampai saat ini baru 4 negara yang siap hadir di festival F* diantaranya, Belgia, Jepang Australia dan Austria.

Untuk diketahui pula jika perhelatan F8 ini digagas Pemkot Makassar saat dipimpin Walikota Makassar sebelumnya Moh Ramdhan Pomanto dan beberapa atraksi yang dihadirkan dalam even tersebut diantaranya, fusion music, fashion, film, fine art, fiction writers & font, food & fruit, folk, serta flora dan fauna. 

Selain dalam negeri, peserta forum F8 juga datang dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Italia, Spanyol, dan negara-negara di Asia.

Penulis : Arien Pranawa AB

Editor : Fritz Wongkar